Blog

Wow! 3 Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Millenial Yang Membuat Kalian Open-Minded

pendidikan
Edukasi Pengembangan diri Uncategorized

Wow! 3 Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Millenial Yang Membuat Kalian Open-Minded

Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan manusia di dunia. Tanpa adanya itu, manusia akan sulit melakukan sesuatu. Faktanya, semua aktivitas memerlukan suatu pengetahuan. Seperti halnya cara menulis, membaca, dan memainkan musik. Pada umumnya, para orang tua menginginkan buah hatinya bersekolah agar mendapatkan bimbingan dan pengetahuan yang baik dari guru. Dengan bersekolah, karakter pada diri anak serta pengetahuan pun akan berkembang.

Pada era globalisasi, teknologi semakin canggih. Hal itu membuat aktivitas manusia dapat dengan mudah dilakukan. Generasi-generasi pada era inilah yang dapat merasakan kemudahan dalam mengakses apapun dengan mudah dan cepat, termasuk berkomunikasi melalui jarak jauh. Dengan demikian, pengetahuan akan semakin meluas. Hal ini, pendidikan menjadi tonggak dalam mengikuti perkembangan zaman, khususnya generasi millenial. Generasi-generasi ini nampaknya sangat berpengaruh besar dalam kemajuan suatu negara. Tanpa tindakan yang benar, generasi-generasi ini akan mudah mendapatkan pengaruh buruk dari akibat kemajuan teknologi.

Apa Itu Pendidikan?

Dilansir dari hot.liputan6.com, pendidikan merupakan sebuah pembelajaran dalam mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan yang didapat melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian. Hal ini dapat diketahui bahwa pengembangan diri seseorang dapat dilakukan dengan cara dididik oleh seorang yang professional dalam bidangnya. Namun, tidak semua pengetahuan memerlukan seorang pendidik. Adakalanya, seseorang dapat belajar sendiri atau otodidak. Pengetahuan yang dapat dipelajari dengan sendirinya seperti: cara memakai baju, cara memainkan alat musik, dan cara memasak.

Jenis-Jenis Pendidikan

  1. Umum
  2. Kejuruan
  3. Akademik
  4. Profesi
  5. Vokasi
  6. Keagamaan

Pentingnya Pendidikan

Dilansir dari gardaoto.com ada lima pilar penting dari pendidikan:

1. Menciptakan Generasi Unggul Penerus Bangsa

Ilustrasi gambar seorang scientist

Generasi unggul sangat didambakan oleh semua orang karena pengaruhnya yang besar. Pendidikan yang dimaksudkan untuk generasi ini bertujuan untuk menerapkan pemahaman tentang sesuatu. Seperti halnya bersekolah, siswa yang sebelumnya tidak mengetahui cara menulis akan secara bertahap bisa menulis. Seorang farmasi yang sebelumnya tidak mengetahui jenis dan manfaat obat-obatan lama kelamaan dapat mengetahuinya. Begitu pula seorang guru dan profesi lainnya. Penanaman pengetahuan sejak dini akan memperoleh pengaruh besar dalam suatu bangsa demi meneruskan generasi-generasi unggul.

2. Sebagai Sarana Informasi dan Pengetahuan

Ilustrasi belajar di sekolah

Faktanya perkembangan zaman terus mengalami perubahan. Mulai dari bahasa, teknologi, dan ilmu pengetahuan. Pemberian pengetahuan melalui sekolah, generasi millenial akan tetap dapat mengikuti perkembangan zaman. Mereka akan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan penting yang belum mereka dapatkan dari belajar secara otodidak. Sehingga, perlunya wawasan yang luas akan memberikan mereka jalan dalam memajukan negaranya.

3. Membangun karakter

Ilustrasi gambar siswa di sekolah

Karakter seorang anak dapat dibangun melalui sekolah. Karakter disini terdapat di dalam jiwa masing-masing anak dari kebiasaan-kebiasaan yang ada dalam lingkungan sekitarnya. Dengan bersekolah karakter anak akan berubah menjadi lebih baik karena dengan adanya teman dan guru ia senantiasa dapat merasakan hal mana yang baik dan buruk untuk dilakukan. Sehingga karakter-karakter inilah yang dapat mereka bawa dalam kehidupan. Seperti contoh: karakter siswa yang aktif dalam berbicara, karakter siswa yang suka menolong temannya, dan karakter siswa cenderung melakukan sesuatu dengan berkelompok. Hal ini dapat diketahui bahwa sekolah sebagai wadah dalam membangun karakter generasi millenial.

Mengapa Harus Generasi Millenial?

Pertanyaan ini cukup membuat semua orang bertanya-tanya mengenai alasan generasi ini sangat dibutuhkan. Pada dasarnya, generasi ini sangatlah memiliki peluang dalam melakukan hal apapun karena dengan canggihnya teknologi, generasi inilah yang sangat aktif dalam menggunakannya. Hal ini menjadi perbincangan bahwa pengetahuan yang memadai akan menciptakan pengaruh yang besar dalam menciptakan suatu inovasi baru. Serta, kemajuan-kemajuan teknologi pun akan semakin canggih.

Pengetahuan tersebut hanya bisa didapat melalui suatu pengajaran yang cukup memadai. Tanpa pemberian pengetahuan, generasi ini dapat dengan mudah mendapat pengaruh buruk dari luar. Seperti halnya pemanfaatan teknologi yang membuat para generasi ini dengan mudah mendapatkan informasi-informasi bukan hanya di seputar negeri sendiri, melainkan dari luar negeri. Tanpa pemberian pengetahuan yang cukup , generasi ini akan dirusak secara moral. Itulah sebabnya, pemberian dukungan pendidikan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada era globalisasi. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat!.

Baca juga: Edukasi Pentingnya Menjaga kesehatan mental, Berikut 3 Tips intelligent yang harus diterapkan!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping