Blog

Amazing Strategy! Persiapkan Karir Anda dengan Career Coach. 4 Peran Career Coach

hunters-race-MYbhN8KaaEc-unsplash
Edukasi Pengembangan diri

Amazing Strategy! Persiapkan Karir Anda dengan Career Coach. 4 Peran Career Coach

Untuk sebagian orang mungkin masih bingung dengan perencanaan karirnya kedepan karena ada berbagai alasan yang mereka miliki. Entah, karena pilihannya ditentang oleh keluarga, faktor finansial, masih ragu dengan pilihannya, bingung apakah itu cocok dengan dirinya, atau karena kemampuan yang dimiliki. Biasanya yang sering menghadapi masalah ini adalah para mahasiswa yang baru lulus kuliah atau fresh graduate.

Salah satu langkah yang bisa diambil untuk menyelesaikan masalah dalam menentukan persiapan dan perencanaan karir adalah dengan bantuan career coach. Kebutuhan akan professional career coach tidak hanya saat anda mengalami kesulitan dalam masalah persiapan karir atau saat sedang berjalan. Tetapi, alangkah baiknya jika dari awal persiapan karir Anda dapat melibatkannya, terutama dalam memulai bisnis atau perusahaan atau bagi Anda yang ingin memiliki profesi baru di bidang terbaru.

Jika gejolak kebingungan terkait karir ini terjadi dalam waktu yang lama, ini akan menjadi masalah bagi orang tersebut. Mengapa? Karena dia akan terus berada di posisi tersebut dan akan semakin tertinggal dari temannya. Siapa sih yang mau untuk menjadi orang yang bukan siapa-siapa. Sadar atau tidak sadar dalam membengun sebuah karir kita membutuhkan bantuan orang lain. Ya, walaupun ada beberapa orang yang mampu memulai sendiri.

Career coach akan memberikan berbagai program pelatihan khususnya yang berkaitan dengan karir. Program-program career coaching juga akan membantu Anda dalam melihat peluang karir serta menentukan pilihan karir sesuai dengan apa yang ada pada diri Anda.

Apa itu career coach? Yuk kita cari tau sama-sama. Artikel ini akan membantu Anda agar tidak ragu untuk meminta bantuan mentor, coach, atau konsultan karir.

Pengertian Career Coach

Career coach adalah seorang profesional yang memiliki kapasitas keilmuan untuk memahami, mendampingi dan membantu klien untuk mencapai goals atau tujuan yang ingin dicapai karir dalam jangka tertentu. Career coach bisa dilakukan konsultan branding karir Anda. Career coach akan membantu klien yang mencari kerja untuk mempersiapkan dan menyusun rancangan persiapan karir sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimiliki klien.

Peran Career Coach

Pada career chaching ada beberapa peran dan tugas yang dilakukan oleh career coach dalam membantu mempersiapkan karir klien

1.       Mengenali dan Menggali Potensi

Coach career membantu berdasarkan keterampilan
Coach career membantu berdasarkan keterampilan yang dimiliki

Mengenali dan mengetahui potensi dan kemampuan yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh klien itu sangat penting. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap proses penyusunan perencanaan karir dan bagaimana karir tersebut berjalan berjalan. Jika klien belum 100% memahami dirinya sendiri, disinilah career coach berperan.

Klien akan dibantu untuk mengetahui apa saya kelebihan dan kekurang yang dimiliki, apakah pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki memadai dalam menjalani suatu pekerjaan yang diimpikan atau bisnis yang akan dijalankan, serta aspek-aspek apa dalam diri klien yang perlu untuk ditingkatkan.

2.       Memotivasi Klien

Motivasi akan memberi pengaruh besar terhadap pencapain klien

Pada proses perencanan karir coach akan memberikan pandangan atau motivasi kepada klien agar dapat menentukan kejelasan perencanaan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Motivasi yang diperoleh bermanfaat terhadap keterbukaan pikiran Anda dalam menilai sesuatu. Anda tidak akan memandang sesuatu hanya dalam satu perspektif.

Pada dasarnya yang harus kita sadari semua pilihan memiliki resiko dan tidak berjalan mulus. Motivasi-motivasi yang didapatkan akan menjadi bekal untuk klien dalam menghadapi tantangan dan rintangan di kemudian hari. Sehingga Anda sebagai klien dapat berpikir positif dan survive.

3.       Membantu Menyusun Perencanan Karir

Career coach membantu menyusun langkah-langkah perencanaan karir yang tepat
Career coach membantu menyusun langkah-langkah perencanaan karir yang tepat

Setelah mengetahui dan memahami diri klien, coach akan membantu untuk menyusun perencanaan karir. Menyusun perencanaan karir adalah tugas dan peran career coach yang dianggap utama oleh klien. Proses penyusunan perencanaan karir tidak hanya dibuat berdasarkan keinginan Anda sebagai klien, misalnya pekerjaan yang diinginkan atau bisnis yang dijalani. Penyusunan perencanaan karir dilakukan oleh career coach berdasarkan kemampuan, latar belakang/pengalaman, kebutuhan, serta lingkungan yang akan Anda hadapi di kemudian hari. 

4. Membantu Mempersiapkan Menghadapi Proses Seleksi Kerja

Career coach memberikan informasi tentang seleksi dan rekrutmen
Career coach memberikan informasi tentang seleksi dan rekrutmen

Sebelum menghadapi dunia kerja Anda tentu akan mengahadpo proses rektrutmen dan seleksi. Perusahaan memiliki syarat-syarat tertentu yang diperuntukan bagi calaon pelamar. Pada proses ini career coach akan memberikan tips-tips cara membuat cv atau resume, portofolio, pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD saat interview, bagaimana proses FGD (jika ada) dan tahapan seleksi lainnya yang akan dilalui.

Baca juga: Super Cool! 5 Keuntungan bagi Strategi Bisnis Anda melalui Kehadiran Mentor yang Wajib Anda Ketahui!

Menginginkan untuk memiliki pekerjaan yang bagus atau bisnis dan perusahaan yang adalah cita-cita yang semua orang. Singkatnya karir yang sukses. Sebelum mendapat pekerjaan atau membangun perusahaan tentu sudah ada planning yang dirancang. Salah satu langkah yang banyak kita jumpai adalah memilih untuk studi S1, S2, sampai S3 dengan pilihan jurusan tertentu.

Dalam mempersiapkan karir, baik itu pekerjaan bisnis, organisasi, atau perusahaan tentu membutuhkan campur tangan orang lain. Contohnya seperti mentor, coach, atau konsultan. Seperti penyataan dari CEO PT Duta Sukses Dunia Yudi Candra bahwa 95% pengusaha didunia membutuhkan mentor dan sisanya 5% pengusaha tidak membutuhkan mentor finance.detik.com

Mereka memiliki profesionalitas pengetahuan, keterampilan dan pengalaman ini akan membantu mempermudah urusan mulai dari persiapan, proses, apa yang dibituhkan, serta masalah yang akan dihadapi.

Comments (3)

  1. […] Baca juga: Amazing Strategy! Persiapkan Karir Anda dengan Career Coach. 4 Peran Career Coach […]

  2. […] Baca juga: Amazing Strategy! Persiapkan Karir Anda dengan Career Coach. 4 Peran Career Coach […]

  3. […] juga : Amazing Strategy! Persiapkan Karir Anda dengan Career Coach. 4 Peran Career […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping