Blog

Membangun Bisnis Perlu Mentor? Yuk Intip 3 Peran Mentor dalam Membangun Bisnis!

Business

Membangun Bisnis Perlu Mentor? Yuk Intip 3 Peran Mentor dalam Membangun Bisnis!

mentor
Mentor

Seseorang yang baru memulai bisnis ataupun ingin membangun bisnis pastinya belum memiliki pengalaman yang cukup dalam dunia bisnis, kamu membutuhkan mentor yang dapat membimbing bisnismu agar sukses dan mendapatkan profit yang meningkat setiap bulannya.

Pengertian dan Fungsi Mentor dalam Bisnis

Mentor merupakan konselor maupun guru yang dapat dipercaya untuk melakukan pendampingan kepada mentee. Pada umumnya, seorang mentor adalah seseorang yang lebih senior, dapat dipercaya, dan memiliki pengalaman yang lebih banyak dalam bidangnya. 

Mentor dalam dunia bisnis atau dapat dikatakan mentor bisnis adalah seseorang yang memiliki banyak pengalaman serta wawasan luas dalam dunia bisnis. Mentor dapat membantu kamu untuk mengevaluasi perkembangan bisnis yang sedang kamu jalankan. Mentor juga mampu mengidentifikasi beberapa aspek dalam bisnismu yang perlu diperbaiki.

Tidak hanya itu, mentor juga berfungsi sebagai penasihat bisnis serta mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis. Dengan pengalaman dan wawasan yang telah mereka miliki, mentor juga dapat memberikan langkah-langkah yang harus dicapai dalam bisnis.

Baca Juga: Perbedaan Guru, Tutor, Mentor, dan Instruktur, 4 Popular Terms!

3 Peran Penting Mentor dalam Membangun Bisnis

1. Mentor sebagai Penasihat

Saat bisnis kamu mengalami permasalahan dan kinerja bisnis kamu terkesan buruk karena kamu baru memulai pengalaman. Mentor hadir untuk membantu kamu sebagai penasihat untuk memperbaiki berbagai aspek yang kurang serta memberimu suatu dorongan agar terus semangat. Karena dalam membangun suatu bisnis, peran motivator juga sangat penting dikala mengalami keterpurukan.

2. Mentor sebagai Guru sekaligus Tempat Curhat

Ketika kamu kebingungan dalam menentukan tujuan dalam bisnismu. Mentor hadir guna membantu kamu berkembang, sekaligus sebagai teman ataupun partner bisnis. Mentor dapat memberikanmu insight baru bahkan lebih luas, karena mereka telah menjajaki dunia bisnis terlebih dahulu daripada kamu. Jadi, kamu dapat belajar banyak hal mulai dari pengalaman mereka terdahulu hingga struggle yang mereka rasakan.

3. Mentor sebagai Partner Kerja

Seorang mentor juga bisa menjadi partner kerja kamu. Jika, bisnis yang kalian jalankan dapat berhubungan dan memberikan profit terbaik jika bisa bergabung atau collabs. Mentor juga dapat menjadi jembatan untukmu dalam mendapatkan relasi yang lebih luas. Karena, seorang mentor sudah terlebih dahulu terjun dalam dunia bisnis. 

Tidak hanya itu peran mentor juga sebagai pelaku perubahan yang dapat merubah bisnismu dari mulai 0 hingga berkembang dan sebagai pelindung dikala bisnismu terdapat permasalahan yang kamu tidak bisa menyelesaikannya. Dengan tersebut peran mentor sangat berguna untuk memberikan saran serta strategi untuk kedepannya.

Seorang mentor dapat membagikan pengalaman, ilmunya, serta saran yang dapat membangun bisnis. Peran mentor sangat penting dalam mencapai kesuksesan. Peluangmu untuk sukses dalam berbisnis juga mendapatkan dorongan serta arahan dari mentor tersebut.

3 Cara untuk Mendapatkan Mentor dalam Bisnis:

1. Pemberani

Kamu jangan ragu dalam mendekati seorang mentor ataupun calon mentor yang ingin kamu dapatkan untuk menjalin hubungan mentor dengan dirimu. Di era digital, segala komunikasi terasa lebih mudah karena perkembangan teknologi. Kamu bisa memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut dengan berkomunikasi dengan calon mentor kamu. Dengan menghubunginya melalui sosial media Instagram dan LinkedIn. Mentor tidak melulu dengan seorang yang lebih tua dari kita, atau seorang pebisnis sukses. Mentor juga bisa dengan kolega, anggota keluarga, dan sebagainya yang sekiranya kamu ingin mereka membantu mengembangkan bisnis kamu.

2. To the Point

 Ungkapkan secara spesifik dan mendetail mengenai ilmu atau bimbingan yang kamu butuhkan. Mulai dari jadwal, topik diskusi, hingga strategi bisnis bisa di diskusikan dengan mentor secara jelas dan mendetail. Dengan kamu mengungkapkan secara to the point maksudmu, calon mentor mungkin bisa memiliki pertimbangan lebih terhadapmu dalam membantu mambangun bisnis.

3. Mengikuti Webinar

Mengikuti webinar tentang bisnis mungkin bisa menjadi pilihan kamu dalam menemukan mentor yang dapat membimbingmu di dunia bisnis serta mendapatkan insight baru dari mentor kamu. Dalam mengikuti webinar, kamu dapat mengetahui pola pikir serta bagaimana calon mentor menyelesaikan segala permasalahan. Jangan salah, kamu juga harus memiliki kecocokan dengan calon mentor untuk membangun bisnismu agar lebih berkembang.

Baca Juga: Pengaruh Belajar Digital Marketing dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Comments (2)

  1. […] Baca Juga : Membangun Bisnis Perlu Mentor? Yuk Intip 3 Peran Mentor dalam Membangun Bisnis! […]

  2. […] Baca Juga: Membangun Bisnis Perlu Mentor? Yuk Intip 3 Peran Mentor dalam Membangun Bisnis! […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping