Blog

Perbedaan Guru, Tutor, Mentor, dan Instruktur, 4 Popular Terms!

xin-wang-NHGkfa-rDPw-unsplash (1)
Uncategorized

Perbedaan Guru, Tutor, Mentor, dan Instruktur, 4 Popular Terms!

Mungkin banyak dari pembaca yang sering mendengar sebutan guru, tutor, mentor dan instruktur. Tentunya sebutan-sebutan tersebut sudah sangat familiar untuk pembaca yang telah sering mendengarnya. Namun, masih banyak loh pembaca yang juga masih bingung dengan perbedaan dari istilah-istilah di atas. Jika pembaca mendengar kata-kata diatas pasti yang ada dibenak para pembaca terlintas kata pengajar atau orang yang akan mengajarkan tentang pengetahuan. Tidak salah sih dengan arti tersebut. Namun, pada dasarnya istilah-istilah di atas memiliki definisi yang berbeda.

Buat yang masih pada bingung, ini informasi bermanfaat yang harus pembaca ketahui. Yuk, kepoin apa saja perbedaannya berikut:

1. Guru

Guru identik dengan mengajar di kelas
Identik dengan mengajar di kelas

Adalah seseorang pengajar ilmu pengetahuan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. Istilah ini biasanya para pembaca mendengarnya ketika pertama kali masuk sekolah seperti pendidikan anak usia dini atau taman kanak-kanak, sebutan tersebut  sangat familiar dalam pendidikan formal. Pengertian berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tentang Guru dan Dosen, guru merupakan pendidik profesional yang memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (https://jdih.kemenkeu.go.id/).

Dalam proses belajar mengajar tenaga pendidikan dan pengajar memiliki tanggung jawab mengatur kegiatan proses belajar mengajar agar siswa mampu untuk mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Tidak hanya itu, peran penting lainnya berkaitan dengan pencapaian belajar siswa atau prestasi belajar siswa. Setiap jenjang sekolah mulai dari PAUD sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) kalian pasti akan diajar oleh seorang tenaga pendidikan dan pengajar. Dapat diartikan berada dalam pendidikan formal.

2. Tutor

Tutuor bisa mengajar satu siswa
Tutuor bisa mengajar satu siswa

Tutor dapat didefinisikan sebagai seorang pengajar atau pembimbing yang memberi pelajaran kepada seseorang bukan dalam pendidikan formal. Perbedaan yang mencolok lainnya yaitu merupakan pengajar privat, les, atau bimbingan belajar yang mengajar atau memberi bimbingan  diluar sekolah dengan materi sesuai dengan kebutuhan dan permintaan siswa serta dengan jumlah siswa yang relatif sedikit. Disisi lain juga tidak terikat dengan aturan pendidikan formal. Tetapi pengajaran materi yang diberikan juga berdasarkan modul.

Pengajar prifat atau bimbingan belajar biasanya dibayar secara pribadi dan juga ada yang gratis. Jumlah siswa mulai dari satu orang sampai 20 orang. Untuk menjadi seorang tutor tidak harus menjadi lulusan S1 atau S2. Bagi yang hanya lulusan SMA/sederajat dan mahasiswa aktif bisa menjadi pengajar prifat dengan catatan menguasai pengetahuan baik teori atau praktek serta pada bidang ilmu tertentu.

3. Mentor

Satu mentee dibantu oleh satu mentor
Satu mentee dibantu oleh satu pembimbing

Kata mentor jarang didengar oleh siswa dan siswi disekolah. Tapi istilah ini sangat familiar dikalangan mahasiswa atau di organisasi, perusahaan, serta wirausaha. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai pembimbing atau pengasuh (biasanya untuk mahasiswa). Definisi lainnya adalah seorang yang memiliki kebijaksanaan, kompeten dalam mengajar, medidik, membina, membimbing, melatih serta menangani orang lain.

Seorang pembimbing merupakan seseorang yang memiliki pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman dalam bidang tertentu. Tugasnya yaitu membimbing dan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah, mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan konsekuensi yang akan terjadi dari solusi yang dipilih, membantu Anda mencapai tujuan atau target karir yang diinginkan, serta membantu proses mengembangakan usaha, bisnis, bahkan perusahaan para pembaca. Orang yang dibimbing oleh mentor disebut dengan mentee.

4. Instruktur

Pemandu Senam
Pemandu Senam

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang bertugas untuk mengajarkan sesuatu dan sekaligus memberikan latihan dan bimbingannya, pengajar pelatih, dan pengasuh. Agar bisa menjadi profesioanal instruktur bisa ditempuh dengan pendidikan formal amaupun nonformal. Dalam untuk melaksanakan pekerjaannya biasanya berada dalam suatu forum tertentu, materi telah disiapkan terlebih dahulu, waktu yang terbatas, dan juga jumlah peserta yang terbatas.

Proses pelaksanaanya dan tujuan mengembangkan keterampilan seseorang serta lebih berorientasi pada praktek dibandingkan dengan penyampaian teori. Tidak hanya memberikan pelatihan atau pengarahan saja, tetapi juga melakukan pengawasan kepada peserta yang diberikan pelatihan. Pengalaman dan kemampuan yang dimiliki sangat penting dalam menjalakan pekerjaan ini, sebab menjadi aspek yang di nilai oleh para peserta.

Keempat istilah diatas merupakan nama atau sebutan bagi orang-orang yang membantu kita dalam banyak hal, terutama yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan. Mereka memiliki banyak keterampilan khusus dan berbagai prestasi yang tidak boleh diragukan lagi. Orang-orang dengan profesi diatas sangat berjasa dalam keberhasilan seseorang dalam mecapai kesuksesan.

Baca juga: Wow! Inilah 7 Cara Menjadi Instruktur Professional

Comments (2)

  1. […] Juga: Perbedaan Guru, Tutor, Mentor, dan Instruktur, 4 Popular […]

  2. […] Baca Juga: Perbedaan Guru, Tutor, Mentor, dan Instruktur, 4 Popular Terms! […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping