Blog

Exciting 5 Permainan Tradisional Indonesia

Sumber: danautoba.org
Edukasi Pengembangan diri

Exciting 5 Permainan Tradisional Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari banyak suku, ras, agama, dan budaya. Permainan tradisional merupakan salah satu yang menjadi budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Adanya permainan tradisional mempermudah terjalinnya hubungan sosial dan membuat keakraban semakin erat antara masyarakat. Ini merupakan salah satu ciri dari masyarakat Indonesia

Sebelum memasuki zaman modern ini, Indonesia tentu berada pada zaman tradisional. Salah satunya yang menjadi subjeknya adalah permainan tradisional.  Untuk generasi milenial yang lahir pada tahun 1981-1996 tentu sangat tidak asing dengan permainan tradisional. Tetapi untuk generasi Z yang lahir tahun 1995-2010 hanya sebagian dari mereka yang pernah merasakan bermain permainan tradisional. Ini dipengaruhi oleh munculnya benda-benda yang canggih seperti smartphone, tablet, dan laptop. Benda-benda canggih tersebut dilengkapi dengan berbagai macam fitur-fitur canggih serta berbagai macam aplikasi mulai dari aplikasi komunikasi sampai aplikasi hiburan seperti aplikasi game online.

Sekarang merupakan masa dimana perkembangan teknologi semakin pesat. Hal ini dapat kita buktikan dengan adanya penggunaan berbagai macam alat teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan teknologi juga didukung dengan penggunaan jaringan internet. Sekarang manusia dituntut untuk melek teknologi karena banyaknya aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan teknologi.

Pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya bertambah dan tidak mengenal batasan umur. Pada tahun 2020 data Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa sebanyak 9,55% anak usia 5-12 tahun pernah mengakses internet bps.go.id. Ini membuktikan bahwa pengguna internet di Indonesia tidak mampu untuk dibendung.

Indonesia memiliki banyak permainan tradisional yang beragam dari berbagai daerah. Permainan tradisional tidak kalah menarik dan seru dibanding dengan permainan yang dilakukan via online. Bisa dijadikan aktivitas yang menghibur, olahraga, belajar serta bersosialisasi secara bersamaan. Buat para pembaca yuk simak beberapa permainan tradisional yang menyenangkan dan bermanfaat.

Macam-Macam Permainan Tradisional Indonesia

1. Congklak

Permainan tradisional sederhana yang bisa dilakukan dirumah
Permainan tradisional sederhana yang bisa dilakukan dirumah (sumber: i.imgur.com)

Permainan ini disebut juga dakon, merupakan permainan tradisional yang berasal dari Jawa. Congklak biasanya dimainkan oleh anak perempuan. Jumlah pemain adalah 2 orang. Yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah papan dengan 16 lubang, yang terdiri dari 2 lubang besar dan 14 lubang kecil, serta membutuhkan 98 kerikil atau dapat diganti dengan biji-bijian yang memiliki ukuran yang.

Semua kerikil atau biji terlebih dahulu dimasukan di setiap lubang kecil yang ada. Untuk menentukan pemain pertama yang akan memulai permainan bisa dilakukan dengan suit. Pemenang dapat  memulai permainan  dan memilih mengambil kerikil di bagian sisi yang mana kemudian mengisi lubang pada sisi kanannya.

2. Lompat Tali

(sumber: em-space.org)

Permainan ini menggunakan gelang karet yang disambung atau diikat simpul sehingga menjadi panjang. Dari namanya saja permainan lompat tali bisa ditebak, yaitu melompati tali. Biasanya permainan lompat tali dimainkan oleh anak perempuan. Tetapi, tidak jarang anak laki-laki juga ikut bermain. Jumlah pemain yang bisa main minimal 3 orang karena 2 orang akan memegangi kedua ujung sisinya tali karet tersebut.

Permainan ini dimulai dari tahap dimana tali karet berada di mata kaki hingga paling atas sejengkal diatas mata kaki. Jika pemain tidak bisa melompati atau salah saat melakukan permainan, maka pemain harus berhenti. Hal itu berarti pemain lain yang berkesempatan bermain atau disebut berganti giliran.

3. Egrang

Egrang merupakan permainan tradisional yang bisa dijadikan perlombaan
Egrang merupakan permainan tradisional yang bisa dijadikan perlombaan (sumber: mbludus.com)

Egrang menggunakan dua buah tongkat panjang atau bambu yang diberi kayu pembatas kurang lebih 30 cm diatas tongkat bagian bawah. Kayu pembatas (pijakan) tersebut berfungsi untuk penopang pemain.

Pemain akan berdiri diatas kayu pijakan pada egrang. Para pemain harus bisa menjaga keseimbangan agar dapat berjalan dengan egrang sampai garis finis. Bagi pemula dalam permainan ini harus dilatih oleh orang yang sudah terampil dan hati-hati agar tidak mengalami cedera.

4. Engklek

Anak-anak bermain engklek di sekolah untuk mengisi waktu istirahat (sumber: oriflameid.com)

Permainan engklek disebut juga permainan tapak gunung. Engklek menggunakan media berupa gambar 7 kotak atau lebih, yang bisa digambar di aspal, lantai, atau tanah. Engklek bisa dimainkan oleh banyak pemain baik laki-laki atau perempuan. Jumlah minimal pemain adalah 2 orang. Bentuk engklek berbeda setiap daerah, ada yang berbentuk orang dan ada yang berbentuk rumah.

Di Beberapa daerah gambar permainan engklek berbeda-beda. Tapi, syarat dalam permainan engklek pemain harus masuk dalam kotak dengan melompat menggunakan satu kaki sampi kotak terakhir. Biasanya pertama-tama pemain harus meletakan batu yang berbentuk pipih pada kotak pertama.

5. Ular Naga

Ilustrasi permainan ular naga (sumber) mbludus.com

Permainan tradisional ular naga merupakan permainan yang dimainkan sambil bernyanyi. Pemain yang dibutuhkan minimal 5 atau 7 orang, 2 orang pemain berperan menjadi penjaga. Mereka akan saling berhadapan dan menggenggam kedua tangan yang membentuk jembatan. Sisanya menjadi prajurit. Mereka hanya berbaris dan saling memegang bahu. Permainan dimulai saat lagu ular naga dinyanyikan dan prajurit melewati tangan penjaga. Permainan selesai saat lagu selesai dan yang tertangkap akan dinyatakan kalah dan mendapat hukuman.

Saking meleknya generasi-generasi sekarang terhadap teknologi membuat masyarakat lupa akan adanya zaman tradisional. Mungkin anak-anak yang berada di daerah-daerah terpencil familiar dengan permainan tradisional. Tapi tidak untuk anak-anak yang tinggal dikota-kota besar. Bagi anak-anak pada masa itu permainan-permainan merupakan cara mereka untuk bahagia. Munculnya game online membuat permainan tradisional semakin tidak dikenal.

Sebagai masyarakat yang cinta tanah air sudah seharusnya kita melestarikan budaya-budaya yang mulai punah. Memberikan edukasi tentang budaya indonesia. Sangat penting bagi orang tua untuk meningkatkan kesadaran untuk mengenalkan permainan tradisional kepada anak. Hal tersebut merupakan langkah-langkah yang dapat mempertahankan budaya tradisional yang dimiliki.

Baca juga: Free 5 Aplikasi Kuis Belajar Online.

Comment (1)

  1. […] Baca juga: Exciting 5 Permainan Tradisional Indonesia […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping