Blog

Ingin Belajar Pemrograman Melalui Game? Ini 4 Rekomendasi Game untuk Membantu Anda Belajar, Super Amazing!

game belajar pemrograman
Edukasi

Ingin Belajar Pemrograman Melalui Game? Ini 4 Rekomendasi Game untuk Membantu Anda Belajar, Super Amazing!

belajar pemrograman melalui game
ilustrasi belajar pemrograman

Dilansir dari Wikipedia, pemrograman atau programming adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Menjadi seorang programmer bukanlah keahlian khusus yang diperuntukkan bagi mereka yang bekerja di departemen IT atau industri yang berpusat pada teknologi. Serangkaian karir membutuhkan beberapa tingkat kecakapan pengkodean untuk mendapatkan posisi tingkat pemula. Belajar pemrograman tidak selalu lewat buku, banyak cara yang bisa Anda pilih untuk mempelajarinya. Anda bisa menggunakan game sebagai cara yang lebih santai untuk memahaminya.

Berikut ini adalah 4 Game untuk membantu Anda belajar pemrograman. Yuk kita simak bersama.

4 Game untuk Membantu Belajar Pemrograman

1. Code Monkey

ilustrasi logo code monkey. sumber: codemonkey.com

Game yang pertama yaitu Code Monkey. Code Monkey merupakan permainan edukasi lingkungan yang memungkinkan Anda untuk belajar beragam bahasa pemrograman. Untuk memainkan game ini, tidak diperlukan keterampilan dan pengalaman teknis tentang kode. Jadi, bagi para programmer pemula yang pemahaman dan keterampilannya tentang kode masih terbatas jangan sungkan untuk memainkan game ini. Dalam permainan berjenis arcade ini, Anda tidak hanya bisa belajar kode, tetapi juga bersenang-senang dan bermain menangkap pisang hingga menyelamatkan dunia. Kemampuan yang diharapkan dengan memainkan game ini, pemain bisa menciptakan dan mengembangkan aplikasi atau game sendiri.

2. Blockly Games

ilustrasi blockly games. sumber: ahzaa.net

Game yang kedua yaitu Blockly Games. Blockly Games merupakan platform gratis yang mengajarkan pengkodean JavaScript melalui serangkaian permainan yang serbaguna. Tujuan dari setiap permainan adalah menggunakan blok kode dan menempatkannya dalam urutan yang benar. Ini adalah salah satu cara paling cerdas untuk mengajari anak-anak JavaScript karena ketika blok ditempatkan dalam urutan yang benar, jendela sembulan muncul dan menampilkan skrip sehingga Anda dapat melihat bagaimana kode terlihat.

4. CodinGame

ilustrasi codingame. sumber: codingame.com

Game yang ketiga yaitu CodinGame. CodinGame merupakan platform dengan model game-based programmingPlatform ini dibekali banyak fitur yang mendukung penggunanya untuk dapat berlatih secara mandiri. Terdapat banyak tantangan yang dapat dipilih pengguna untuk berlatih pemrograman. CodinGame terdapat lebih dari 25 bahasa pemrograman, termasuk JavaScript dan Ruby. CodinGame dapat Anda mainkan bersama teman atau kolega, dan juga mengikuti kompetisi coding internasional.

4. Untrusted

ilustrasi game intrusted. sumber: playuntrusted.com

Game yang terakhir yaitu Untrusted. Untrusted merupakan permainan petualangan di mana Anda dapat menguji JavaScript dan keterampilan dalam pemecahan masalah. Jika Anda baru mengenal JavaScript maka game ini mungkin sedikit sulit untuk Anda. Tetapi jika Anda telah menghabiskan beberapa waktu untuk pemrograman dalam JavaScript, maka Anda akan bisa melakukan tantangannya tersebut.

Baca Juga: Reliable! 5 Aplikasi Game Edukasi Anak Usia Dini

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping