Blog

Overthinking? Calm Down! 4 Kalimat Reminder yang Bisa Digunakan untuk Self Reminder saat Mulai Overthinking

Reminder untuk self reminder saat overthinking
Edukasi Pengembangan diri

Overthinking? Calm Down! 4 Kalimat Reminder yang Bisa Digunakan untuk Self Reminder saat Mulai Overthinking

Reminder yang bisa dipakai sebagai self reminder saat overthingking
Kalimat-kalimat yang cocok untuk self reminder

Semakin dewasa seseorang, semakin banyak juga hal yang dipikirkan. Penting bagi seseorang untuk memiliki reminder agar dirinya bisa terus bisa termotivasi dan tidak lupa akan hal-hal baik dalam dirinya. Walaupun hanya sekadar kata-kata, namun pengingat tersebut dapat berdampak positif bagi seseorang. Kalimat-kalimat pengingat juga bisa membuat seseorang untuk lebih mengendalikan dirinya sendiri.

Beberapa orang mneyadari bahwa semakin mereka beranjak dewasa, semakin rumit juga kehiudpan yang mereka jalani. Karena akan ada fase di mana seseorang tersebut mengalami naik-turunnya roda kehidupan, maka penting bagi seseorang untuk tetap mengendalikan diri dengan hal-hal yang bisa membuat diri mereka terus termotivasi dan terus berada dalam hal-hal yang positif.

Reminder sendiri memiliki makna sebagai pengingat. Pengingat tersebut bisa berupa kalimat-kalimat yang diucapkan untuk diri sendiri sebagai salah satu cara untuk memberi motivasi dan bahan refleksi pada diri sendiri. Menurut Majalahsunday, kalimat pengingat dapat menjadi nasihat untuk bahan intropeksi diri. Kalimat-kalimat pengingat juga dapat dijadikan sebagai mantra untuk dikatakan pada diri sendiri, sehingga seseorang dapat tersugesti dengan kalimat-kalimat yang mereka ucapkan pada diri sendiri.

Kalimta pengingat dapat digunakan dalam keadaan apapun, salah satunya adalah saat seseorang mulai diserang overthinking. Saat seseorang terlalu banyak berpikir, seseorang cenderung memikirkan hal-hal yang kurang baik yang dapat merugika diri sendiri. Bahkan, overthinking dapat menyebabkan seseorang kehilangan motivasi dan mengalami gangguan mental.

Inilah pentingnya untuk melakukan self reminder saat seseorang mulai terserang overthinking. Hal tersebut dapat membantu seseorang untuk terdistraksi dan tersguesti untuk menjauhkan diri dari hal-hal buruk yang sedang mereka pikirkan. Kalimat-kalimat pengingat juga dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik jika kalimat pengingat tersebut dapat diaplikasikan dengan baik. Berikut adalah manfaat dari kalimat-kalimat pengingat untuk diri sendiri.

Manfaat Self Reminder

Penenang Diri

Hidup tidak selamanya akan berjalan sesuai dengan rencana dan ekspetasi, ada kalanya beberapa masalah datang silih berganti untuk dilewati. Masalah yang datang terkadang bukan hanya dari luar, tetapi ada juga yang timbul dari pikiran kita sendiri. Tak jarang kita menjadi seseorang yang mudah pesimis karena termakan pikiran kita sendiri dan membuat keadaan semakin tidak karuan.

Masalah-masalah tersebut kerap kali membuat seseorang merasa tidak tenang dan resah, sehingga dapat mengganggu ketenangan diri. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengingat hal-hal baik agar seseorang bisa tetap termotivasi untuk menyelesaikan masalah yang ada. Self reminder dapat berperan penting bagi seseorang, terlebih dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Memberi Motivasi Diri

Masalah yang hadir, rencana yang tidak sesuai ekspteasi, serta pikiran-pikiran buruk yang diciptakan oleh diri sendiri kerap kali membuat seseorang kehilangan motivasi dalam hidupnya. Hilangnya motivasi bisa membuat seseorang tidak mempunyai mimpi dan tujuan dalam hidupnya. Hal tersebut tentu bukanlah hal yang baik dan harus segera diseleaikan dengan cara menemukan kembali motivasi agar seseorang bisa kembali bangkit dari keterpurukannya.

Untuk bisa kembali bangkit dan kembali mendapatkan semangat dalam hidupnya, seseorang yang mengalami demotivasi bisa kembali mengingat hal-hal positif yang bisa membangkitkan semangat. Kalimat-kalimat yang dijaidkan sebagai self reminder dapat membuat seseorang kembali terdorong untuk meraih tujuan dalam hidupnya dan bangkit dari keterpurkan dalam hidupnya.

Baca juga: 6 Recommend Quiz Online App untuk menambah Pengetahuan Umum

Memawas Diri

Ada kalanya bahwa seseorang melakukan kesalahan-kesalahan, baik secara disengaja maupun tidak. Namun, tidak semua orang dapat menyadari keslahan-kesalahan yang telah diperbuat. Kesalahan-kesalahan tersebut bisa saja menyakiti orang lain dan membuat yang tersakiti merasa kurang berkenan. Pentingnya reminder bagi seseorang adalah untuk membuat seseorang bisa mengintropeksi atas kesalahan-kesalahan yang diperbuat. Hal tersebut bertujuan agar seseorang tidak mengalami hal yang sama dan membuat seseorang menjadi lebih baik lagi.

Mengontrol Diri

Saat mulai mengalami overthinking, pikiran seseorang kerap kali memikirkan banyak hal yang mungkin seharusnya tidak dipikirkan, dan mungkin belum tentu benar-benar terjadi. Jika hal tersebut terus terjadi, akan banyak hal-hal buruk yang akan berdampak pada kesehatan fisik dan psikis seseorang. Overthinking kerap kali membuat seseorang kehilangan kontrol dalam memikirkan banyak hal.

Pentingnya self reminder sebagai salah satu cara pengontrol diri adalah agar seseorang bisa tahu batasan apa saja yang memang harus mereka kendalikan. Kalimat-kalimat pengingat dapat dijadikan sebagai sugesti pada diri sendiri agar kita tetap terkontrol dari pikiran-pikiran jahat yang bisa menyakiti diri sendiri.

Self Acceptance

Salh satu pikiran buruk yang kerap menyerang saat overthinking adalah penyesalan di masa lalu. Setiap orang memiliki masa lalu yang mungki kurang baik. Namun, beberapa orang masih saja belum menerima masa lalu mereka seutuhnya. Sehingga beberapa orang seringkali merasa dirinya kurang sempurna karena masa lalunya. Self reminder dapat membuat seseorang menerima dirinya lebih baik. Hal tersebut juga dapat memberi pemahaman dan membuat seseorang lebih terbuka dan menerima kekurangan yang dimiliki setiap orang.

Manfaat-manfaat di atas adalah beberapa bentuk nyata dari betapa pentingnya untuk melakukan self reminder terhadap diri sendiri, terlebih saat seseorang kerap memikirkan hal-hal yang kurang baik yang dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental seseorang tersebut. Kalimat-kalimat dapat didapatkan memalui banyak hal, seperti membaca buku, mengikuti seminar, atau dengan mengikuti akun-akun yang menyajikan konten terkait pengingat diri. Berikut adalah beberapa reminder yang dapat diingat saat seseorang mulai overthinking.

Reminder yang Dapat Diingat Saat Overthinking

Menanggapi Pikiran-pikiran Buruk Hanya Akan Memperburuk Suasana

Jangan pernah menggubris pikiran buruk

Overthinking memang terdengar sepele, namun jika terus menerus terjadi, overthinking juga dapat berakibat fatal. Pikiran-pikiran yang hadir saat kita overthinking kerap kali pikiran yang membuat kita gelisah, resah, dan memicu dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental kita. Semakin kita menaggapinya, semakin buruk juga perasaan yang kita dapatkan. Itulah mengapa harus memiliki control terhadap diri kita sendiri, termasuk dalam memikirkan hal-hal yang sekiranya tidak membawa manfaat.

Maka dari itu, saat pikiran-pikiran jahat mulai menyerang, kita harus mengontrol pikiran kita agar tidak semakin menjadi-jadi. Kita dapat menepisnya dengan pikiran-pikiran positif atau melakukan sesuatu agar kita dapat terlupa dari pikiran-pikiran tersebut.

Semua Hal Buruk yang Dipikirkan Belum Tentu Benar-benar Terjadi

Pikiran buruk belum tentu menjadi sebuah kenyataan, relaks!

Pikiran buruk kerap kali membuat kita memikirkan hal-hal yang selama ini ditakutkan. Padahal, apa yang kita takutkan, hanyalah sebatas terjadi dalam pikiran kita, dan belum tentu benar-benar terjadi secara nyata. Jika hal-hal buruk terus-menerus dipikirkan, maka hal tersebut akan menghambat banyak aktivitas dan membuat seseorang gelisah dalam menjalani kehidupannya.

Maka dari itu, self reminder di atas harus benar-benar diterapkan agar setiap orang dengan banyak pikiran buruk dalam dirinya bisa mulai mengubah bagaimana cara mengalihkan pikiran-pikiran tersebut. Kita juga harus percaya bahwa masih banyak kesempatan dan hal baik yang bisa terjadi dalam hidup kita.

Baca juga: 5 Most Important Soft Skill dan Hard skill yang perlu Kalian kuasai untuk Masa Depan

Tidak Selamanya Semua Masalah Harus Dihadapi Sendirian

Hubungi orang terkdekat untuk bercerita masalah yang sedang dihadapi

Orang dengan banyak pikiran kerap kali mengalami gelisah dan stress yang cukup berat karena menanggung semua masalahnya sendiri. Sesuai dengan reminder di atas, saat didera masalah atau pikiran yang mengganggu, seseorang bisa membagikan masalahnya dengan cara bercerita dan mulai terbuka terkait masalahnya dengan orang-orang yang tepat, sepeti keluarga, sahabat, pasangan, atau tenaga ahli yang bisa menangani masalah dengan baik.  

Memikirkan Pikiran-pikiran Buruk Sama Dengan Menyakiti Diri Sendiri

Berhenti memikirkan hal-hal buru yang belum tentu terjadi

Overthinking sangatlah tidak baik bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Pikiran-pikiran buruk yang memenuhi kepala seseorang akan membuat orang tersebut menjadi tidak produktif dan cenderung memikirkan hal-hal yang mungkin tidak seharusnya dipikirkan. Jika seseorang tidak bisa melawan pikiran tersebut, maka dampak dari overthinking tersebut bisa saja menyerang kesehatannya. Maka dari itu, penitng bagi setiap orang untuk melawan pikiran-pikiran buruk dengan memperbanyak distraksi dan mengingat kembali kalimat-kalimat self reminder yang bisa mendorong seseorang dari overthinking-nya.

Itulah beberapa reminder yang bisa diapai sebagai pengingat diri saat overthinking mulai menyerang. Teruslah menyibukan dan menyugestikan diri dengan hal-hal baik, agar hal-hal buruk enggan untuk menghampiri.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping