Blog

Merasa FOMO? Calm Down! 4 Tips Melawan Rasa FOMO untuk Menjaga Kesehatan Mental Kamu!

Tips Menghindari FOMO untuk Menjaga Kesehatan Menta
Kesehatan Pengembangan diri

Merasa FOMO? Calm Down! 4 Tips Melawan Rasa FOMO untuk Menjaga Kesehatan Mental Kamu!

Tips Menghindari FOMO untuk Menjaga Kesehatan Menta
Tips Menghindari FOMO untuk Menjaga Kesehatan Mental
Picture by Rencanamu.id

Dewasa ini kita kerap kali dihadapkan dengan banyak hal yang membuat kita merasa FOMO. Istilah yang dikenal juga dengan fear of missing out adalah perasaan takut untuk tertinggal karena tidak mengikuti atau melakukan hal-hal tertentu. Hal-hal tersebut biasanya bisa dalam bentuk tren yang sedang hype di masyarakat, informasi tertentu, atau hal-hal yang biasa dilakukan oleh orang lain. Walaupun terdengar seperti tidak terlalu penting, tetapi perasaan takut dan cemasyang berlebih dari fear of missing out ini bisa berdampak serius pada seseorang.

Semakin dewasa, semakin banyak hal yang mungkin akan orang-orang raih dalam hidupnya, seperti membeli suatu barang, pergi ke suatu tempat, menikah, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut tentu sayang jika dilewatkan begitu saja dan tidak diabadikan, sehingga orang-orang akan menjadikannya salah satu momen penting dalam hidupnya dan mengunggahnya di media sosial masing-masing. Hal tersebut tidak lain agar pencapaian tersebut juga bisa dibagikan dan dilihat orang-orang melalui media sosial. Hal inilah yang dapat memicu seseorang merasa tertetinggal dengan hal-hal yang dibagikan oleh seseorang di media sosial.

Perasaan takut tersebut akan memciu seseorang membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Melalui sosial media, orang-orang akan membagikan banyak hal yang secara tidak sengaja akan memancing orang yang dibagikan merasa FOMO, karena tidak atau belum memiliki atau melakukan hal yang orang lain lakukan dalam hidupnya. Sehingga, orang yang dirundung rasa tertinggal tersebut kerap kali merasa bahwa hidupnya tidak lebih baik dari hidup yang orang lain jalani. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan mental mereka jika mereka terus menerus merasa tertinggal dari orang lain.

Selain menimbulkan rasa cemas dan takut yang berlebihan, FOMO biasanya menimbulkan beberapa efek negatif yang buruk bagi diri seseorang, terlebih bagi kesehatan psikologisnya. Menurut Alodokter, terdapat beberapa efek negatif yang bisa disebabkan dari rasa takut ketertingalan ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

Efek Negatif dari FOMO bagi Kondisi Mental

Memberi Perasaan Negatif

Perasaan kurang nyaman dapat ditumbulkan dari terlalu banyak melihat unggahan orang-orang di sosial media. Selain itu, seseorang yang lebih sering menonton atau melihat unggahan orang-orang di sosial media cenderung lebih mudah kesepian. Contoh kasus lain yang terjadi adalah pada sebagian besar kalangan remaja yang kerap merasa khawatir dan kurang senang saat melihat unggahan teman-temannya yang sedang bersenang-senang tanpa dirinya. Hal tersebut adalh contoh nyata dari perasaan FOMO.

Mengganggu Kondisi Psikologis

Masih dengan efek dari terlalu banyak melihat unggahan di sosial media, orang yang cenderungterlalu banyak melihat postingan orang lain di sosial medianya cenderung lebih mudah terkena gangguan secara psikologis, seperti stress dan terobsesi untuk mencari validasi atau mempertahankan image mereka di sosial media. Jika hal ini terus terjadi, maka bukan tidak mungkin jika seseorang dapat terkena gangguan mental seperti depresi dan kecemasan berlebih.

Baca juga: Manfaat Belajar Online yang akan kalian dapatkan di Eny Kusrini : 7 Advantage

Menurunkan Kepercayaan Diri

Saat seseorang mulai merasa FOMO dengan apa yang orang lain miliki, mereka cenderung membandingkan diri mereka dengan diri orang lain yang berujung menurunnya rasa percaya diri. Hal ini karena orang yang merasa takut akan ketertinggalan akan mencari celah atau kekurangan dalam diri mereka, sehingga merasa bahwa dirinya kurang sempurna dibandingkan orang lain. Hal itulah yang dapat membuat seseorang kurang percaya diri dengan apa yang mereka bandingkan dengan kehidupan orang lain.

Menghambat Produktivitas

Saat seseorang terlalu fokus dengan melihat kehidupan orang lain melalui sosial medianya, seseorang tersebut cenderung lupa diri akan apa yang dihadapan mereka. Sehingga saat seseorang terlalu kecanduan memainkan sosial medianya, mereka akan mengalami penurunan konsentrasi, fokus, dan menjadi tidak produktif, serta sulit dalam mengerjakan kegiatannya seperti belajar atau bekerja.

Setelah mengetahui dampak buruk dari rasa takut ketertinggalan di atas, kita harus bisa menghindarinya agar kita tetap bisa fokus dan terhindari dari gangguan secara psikologis. Untuk menghindari perasaan takut ketertinggalan atau FOMO, ada hal-hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah menghindari penyebabnya. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk menghinari perasaan takut ketertinggalan tersebut.

Tips Mengurangi Perasaan FOMO

Fokus Pada Diri Sendiri

Fokus pada diri sendiri agar berhenti merasa FOMO

Sejatinya setiap orang memiliki porsinya masing-masing dan tidak melulu harus memiliki titik start dan waktu pencapaian yang sama. Sudah sepatutnya untuk kita terus mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita dan berhenti melihat proses orang lain. Selain membuang waktu, kecemasan yang timbul juga akan mneghambat proses kita menuju tujan kita yang sebenarnya. Dengan fokus pada diri sendiri, kita turut menjaga kesehatan mental kita dan terhindar dari berbagai penyakit gangguan mental yang dapat memperburuk hidup kita.

Membatasi Penggunaan Sosial Media

Belajar membatasi menggunakan sosial media adalah salah satu cara mengurangi FOMO yang ampuh

Jika kita membaca penjelasan dari dampak negatif dari FOMO, kita dapat melihat bahwa penyebab dari semua dampak tersebut adalah terlalu banyak melihat perkembangan atau pencapaian yang orang lain bagikan di media sosial. Maka dari itu, untuk menghindari rasa takut ketertinggalan tersebut, kita harus membatasi penggunam media sosial dan mulai melakukan hal-hal yang positif, yang dapat membuat kita semakin dekat dengan goals kita.

Tetap Produktif

Tetaplah produktif agar FOMO tidak menyerang kekosongan dalam diri kita

Untuk mendistraksi rasa kingintahuan kita terhadap perkembangan yang terjadi di sosial media, terlebih terkait apa yang teman-taman kita bagikan di sana, serta hal-hal yang dapat memicu FOMO, ada baiknya bagi kita untuk mengalihkan itu semua dengan hal-hal yang bermanfaat. Seperti menyelesaikan tugas, pekerjaan, berolahraga, ibadah, atau jalan-jalan santai di sekitar rumah untuk menghirup udara segar.

Baca juga: Wow, Inilah 3 Modul Simple Ikut Kursus Fitness Di Eny Kusrini !

Self Love

Cinta diri sendiri dengan menanamkan rasa bangga agar FOMO tidak hadir karena sering membanding-bandingkan diri

Self love adalah menumbuhkan rasa sayang, cinta, dan menghargai diri sendiri. Menurut Aimee Daramus, PsyD, seorang psikolog klinis untuk Urban Balance yang dilansir dari Kompas, mengatakan bahwa self love akan membantu seseorang menikmati masa-masa indah dalam hidup. Selain itu, self love juga akan membuat seseorang percaya bahwa seseorang dapat menangani hal-hal buruk. Salah satu bentuk self love adalah berhenti untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Self love juga salah satu cara untuk memerlihara kesehatan mental seseorang agar tetap dalam keadaan stabil.

Setelah kita sadar bahwa perasaan takut ketertinggalan adalah salah satu hal yang kurang baik bagi kesehatan mental kita. Maka sudah seharusnya bagi kita untuk mengurangi hal-hal yang dapat memicu hal tersebut terjadi. Agar tetap konsisten untuk tidak terlalu terpaku pada perkembangan orang lain, maka ada beberapa hal yang harus kita sadari dan tanamkan dalam diri kita. Berikut adalah hal-hal yang dapat diingat dan ditanamkan sebagai pengingat agar kita bisa terbebas dari FOMO.

Itulah beberapa tips yang dapat diaplikasikan saat kita mulai merasa fear of missing out terhadap apa yang orang lain lakukan. Sudah sepatutnya kita memfokuskan diri sendiri dengan proses yang sedang kita jalani agar kita semakin dekat dengan goals dalam hidup kita.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping