Blog

Super Cool! 6 Scholarship yang Memberi Peluang Untuk Membawa Kamu Kuliah di Luar Negeri!

Scholarship memberi peluang Kuliah di Luar Negeri
Edukasi

Super Cool! 6 Scholarship yang Memberi Peluang Untuk Membawa Kamu Kuliah di Luar Negeri!

Kuliah di Luar Negeri dengan Scholarship

Beberapa dari kita mungkin tidak asing dengan istilah scholarship. Istilah tersebut biasa dikena juga dengan beasiswa. Seperti yang kita tahu, bahwa beasiswa adalah program yang tujukan bagi pelajar dengan kriteria tertentu dalam bentuk bantuan kuangan untuk keberlangsungan pendidikan yang sedang ditempuh. Selain untuk mahasiswa yang kurang mendukung dalam segi finansial, beasiswa juga dimungkinkan bagi mereka yang memiliki potensi dan prestasi tertentu yang dapat dikembangkan selama masa pendidikan berlangsung.

Beasiswaselalu menjadi incaran bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari benefit beasiswa itu sendiri. Beasiswa sendiri terbagi atas beberapa jenis dan tergantung dari mana beasiswa itu didapatkan. Biasanya pelajar di Indonesia bisa mendapatkan beasiswa dari melalui beberapa pihak, seperti dari lembaga pemerintah, yayasan tertentu, atau bahkan perusahaan sekalipun. Beasiswa yang ditawarkan tidak hanya dibuka untuk sekolah-sekolah atau universitas dalam negeri, melainkan juga bisa membuka peluang bagi mereka untuk bisa kuliah di luar negeri.

Selain dari membuka peluang untuk bisa berkuliah ke luar negeri, ada juga benefit-benefit lain yang bisa didapatkan dari mengikuti program beasiswa ini, berikut penjelasannya.

Manfaat dari mengikuti program Scholarship

Meringankan biaya pendidikan

Seperti yang sudah dibahas pada tulisan di atas, bahwa tujuan penyelengara beasiswa adalah untuk memberi bantuan bagi para pelajar guna melanjutkan dan menyelesaikan masa pendidikan dengan baik. Salah satu bantuan yang diberikan oleh penyelenggara beasiswa biasanya bantuan dalam bentuk finansial. Sehingga, peserta program beasiswa hanya perlu fokus belajar tanpa perlu memikirkan biaya pendidikan.

Bisa mendapatkan banyak relasi

Saat mengikuti program scholarship, peserta tidak hanya melakukan tahap seleksi, menunggu pengumuman, dan menerima bantuan. Penyelenggara biasanya akan membuat acara-acara tertentu yang memungkinkan setiap penerima beasiswa ini bisa bertemu dan berinteraksi antar penerima lain dan pihak penyelenggara. Kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai ajang menambah relasi yang bermanfaat bagi setiap penerima beasiswa.

Menjadikan sebagai capaian yang mebanggakan

Program beasiswa adalah salah satu program yang diincar oleh banyak pelajar di Indonesia, baik tingkat siswa maupun bagi para mahasiswa. Akan tetapi, kuota yang ditampung oleh penyelenggara biasanya tidak sebanyak peminatnya, sehingga tidak jarang jika penyelenggara biasanya melakukan tahap penyeleksian yang cukup ketat. Menjadi penerima beasiswa dari banyaknya saingan dan proses seleksi yang ketat merupakan salah satu hal yang membanggakan. Hal tersebut juga mengindikasikan bahwa setiap peserta yang terpilih memiliki potensi dan prestasi yang baik.

Baca juga: Excellent, 2 Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri Yang Super Mudah. Belajar Dari Channel YouTube EnyKusrini.Com

Mendapatkan peluang karir yang cemerlang

Saat melamar pekerjaan, hal yang pertama dilihat oleh pihak perusahaan adalah CV yang kita miliki. Menjadi penerima beasiswa adalah salah satu hal yang membanggakan sekaligus salah satu cara untuk menunjukan bahwa mereka yang menerima beasiswa tersebut memiliki kemampuan dan potensi yang baik. Sehingga, bukan tidak mungkin jika pengalaman seseorang menjadi penerima program scholarship tersebut memiliki poin plus bagi perusahaan-perusahaan tertentu.

Setiap program beasiswa yang diselengarakan memiliki tujuan dan sasarannya masing-masing. Salah satu tujuan dari program beasiswa tersebut memungkinkan untuk mewujudkan mimpi pelajar yang ingin berkuliah di luar negeri. Tidak tanggung-tanggung, beberapa beasiswa tersebut bisa membayar asuransi kesehatan, uang saku, biaya kuliah, hingga tempat tinggal untuk penerima yang berhasil terpilih pada program beasiswa luar negeri tersebut. Benefit tersebut tidak kalah menggiurkan dibanding dengan program beasiswa dalam negeri. Maka dari itu, bagi pelajar yang ingin kuliah di luar negeri harus bersiap dalam menjalani persaingan dan tahap seleksi yang jauh lebih ketat dibanding program beasiswa dalam negeri.

Semakin tinggi reputasi program beasiswa yang diselenggarakan, maka semakin tinggi juga benefit dan persaingan yang diperebutkan. Hal ini disebabkan karena banyaknya keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan berkuliah di luar negeri. Melansir dari akun Instagram Big Alpha Indonesia, salah satu manfaat paling penting dari berkuliah di luar negeri adalah adanya pilihan bidang yang lebih spesifik dan lebih sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga setiap pelajar bisa mempelajari dan menggali ilmu yang tepat sesuai dengan minat dan kebutuhan industri. Berlajar di luar negeri juga dapat membuat seseorang lebih kaya akan wawasan dan kemampuan di bidang bahasa serta keuangan.

Berikut adalah beberapa negara yang membuka program scholarship yang berpeluang bisa mewujudkan mimpi kamu untuk bisa belajar dan berkuliah di luar negeri.

6 Program scholarship yang membuka pulang untuk kuliah di luar negeri

Beasiswa LPDP Scholarship

LPDP, jalur scholarship dalam negeri

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau lebih dikenal dengan singkatan LPDP adalah sebuah lembaga dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang kerap membuka kesempatan bagi setiap pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan atau mulai kuliah di luar negeri dengan bantuan program beasiswa yang disediakan. LPDP membuka program fully funded atau pembayaran penuh bagi tingkat S1 sampai S3.

LPDP membuka kesempatan bagi pelajar yang berminat untuk melakukan studi di luar negeri seperti seperti ke California Institute of Technology (Caltech), Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, Princeton University, Stanford University, dan universitas-universitas terbaik lainnya.

Monbukagakusho, Jepang

Program scholarship dari pemerintah Jepang, Monbukagakusho

Sesuai dengan namanya, program scholarship ini diselenggaran oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang atau dikenal dengan Monbukagakusho/MEXT. Beasiswa ini memberikan fasilitas penuh bagi setiap penerimanya, termasuk biaya kebutuhan sehari-hari selama penerima belajar dan tinggal di sana. Beasiswa ini tidak terikat ikatan dinas, sehingga penerima beasiswa ini bisa bebas menentukan karirnya selepas masa pendidikan berakhir.

4 Channel Youtube Edukasi Pendidikan Terbaik untuk Menambah Pengetahuan, Recommended!

Australia Awards, Australia

Australia Awards jalan untuk kuliah di Australia dengan program scholarships

Porgam beasiswa Australia Awards Scholarships yang diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia menawarkan program beasiswa bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke tingkat Magister atau S2. Program ini merupakan salah satu keuntungan bagi Indonesia sebagai bagian dari negara-negara yang menjalin kerja sama bilateral dan regional dengan Pemerintah Australia.

Chevening, Inggris

Chavening, peluang scholarships untuk kuliah di Inggris

Tertarik untuk melanjutkan studi S2 di Inggris? Simak penjelasan berikut. Chavening adalah program beasiswa yang ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan S2 di luar negeri. Program ini bersifat tanggungan penuh, sehingga peserta yang terpilih pada program ini diberi waktu hanya satu tahun untuk segera menyelesaikan studinya. Syarat khusus untuk menjadi penerima beasiswa ini adalah harus memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun.

Turkiye Burslari, Turki

Memulai kuliah S1 dengan program scholarships dari Turkiye Burslari Shcolarships

Jika kamu berminat untuk menempuh S1 dengan kuliah di luar negeri, program beasiswa ini adalah jawabannya. Program beasiswa ini memberi fasilitas yang menarik seperti biaya akademik, akomodasi, tiket PP, biaya hidup, asuransi Kesehatan, dan juga tempat tinggal. Program beasiswa ini mewajibkan setiap calon penerima untuk melampirkan persyaratan dan mengikuti beberapa ujian dan wawancara. Selain itu, program beasiswa ini juga memuka peluang bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 mereka.

SOAS South-East Asia Postgraduate Scholarship

Program Scholarships untuk kamu yang berminat kuliah di SOAS

Program yang diselenggarakan oleh School of Oriental and African Studies atau SOAS University of London menawarkan bantuan yang dikhususkan bagi setiap calon pelajar yang berasal dari Asia Tenggara. Bantuan tersebut adalah berupa potongan biaya kuliah sebesar £3,000. Cukup menarik, kan?

Itulah beberapa beasiswa yang bisa membawa kamu kuliah di luar negeri dengan banyak kemudahan. Perisapkan diri dengan belajar bahasa dan soal-soal latihan lain agar peluang kamu untuk belajar di luar negeri semakin besar!

Comment (1)

  1. […] Baca Juga: Super Cool! 6 Scholarship yang Memberi Peluang Untuk Membawa Kamu Kuliah di Luar Negeri! […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping