Blog

10 Cara Self Love untuk Memelihara Mental Health Kamu!

Self love sebagai salah satu cara menjaga mental health
Edukasi Pengembangan diri

10 Cara Self Love untuk Memelihara Mental Health Kamu!

Dewasa ini beberapa dari kita kerap terlalu berusaha untuk menyenangkan orang lain hingga lupa bagaimana caranya untuk mencintai diri sendiri atau self love. Mencintai diri sendiri kerap kali dijadikan salah satu hal yang harus dibiasakan oleh setiap orang agar kita bisa terus merasa bahagia dalam menjalani hidup. Mengapa harus dibiasakan? Sebab, beberapa dari kita kerap masih lupa atau bahkan tidak tahu caranya untuk mengasihi diri sendiri.

Beberapa dari kita mungkin belum atau bahkan tidak menyadari bahwa betapa berharga dan spesialnya diri kita. Setiap dari kita semua pasti dilahirkan dengan banyak perbedaan, keunikan, dan anugerahnya masing-masing. Namun perbedaan tersebut jangan dijadikan sebagai kekurangan atau bahkan menjadi alasan kita untuk tidak mencintai diri kita sendiri.

Mengutip pernyataan Deborah Koshaba Psy. D dari laman Positive Psychology, yang menyatakan bahwa self love adalah tindakan yang bertujuan untuk menghargai diri sendiri yang dapat membantu perkembangan diri kita secara fisik, psikologis, dan spiritual seseorang. Hal ini betujuan untuk menyadarkan diri kita sendiri untuk lebih menghargai diri sendiri sebagai manusia yang layak dicintai dan dihormati.

Selain dapat membawa dampak yang baik untuk perkembangan dalam diri kita, mencintai diri sendiri juga merupakan salah satu cara untuk memelihara kesehatan mental atau mental health kita. Hal-hal yang dilakukan dengan tujuan mencintai, menghasihi, dan menghargai diri sendiri dapat membuat kita lebih bahagia dan berdampak pada hubungan dengan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Baca juga: 5 Manfaat Mempelajari Digital Marketing di Eny Kusrini untuk Bisnis kalian agar Success

Berikut adalah manfaat dari self love yang kita lakukan.

Manfaat Melakukan Self Love Bagi Kebaikan Diri Sendiri

Mendapatkan Kepuasan dalam Hidup

Saat kita mulai mencintai diri kita, kita akan mulai menerima apa yang ada dalam diri kita apa adanya dengan sepenuhnya. Alih-alih mengeluh dengan banyaknya kekurangan, self love akan membuat kita lebih bersyukur dengan apa yang kita miliki. Tidak hanya menerima keadaan secara fisik, tetapi juga menerima keadaan di sekitar, seperti ekonomi, keluarga, dan faktor-faktor lainnya.

Menerima keadaan diri sendiri dapat membuat kita menjadi lebih mengenali kekuatan dan kelemahan kita. Kita akan paham batas yang dapat dicapai oleh diri sendiri dan dapat lebih mengambil kontrol atas tindakan apa saja yang dilakukan, sehingga bagaimanapun hasilnya, kita akan puas atas pencapaian tersebut.

Menjaga Kesehatan secara Fisik dan Mental

Melakukan self love berarti sama dengan menjaga kesehatan tubuh kita, baik secara fisik dan mental. Karena sejatinya, memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh adalah salah satu cara mencintai diri sendiri. Salah satu cara memenuhi kebutuhan tubuh adalah dengan melakukan usaha-usaha untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Hal ini merupakan salah satu bentuk rasa cinta kepada diri sendiri dengan membiasakan diri dengan membangun hal-hal baik.

Untuk menjaga kesehatan fisik, kita bisa melakukan hal-hal yang dapat membuat tubuh kita lebih sehat. Seperti memakan makanan yang sehat, menjaga pola tidur, dan rutin berolahraga. Untuk menjaga mental health kita, kita dapat berlatih banyak hal, seperti tidak overthinking, melakukan banyak hal baik untuk diri sendiri juga untuk orang lain, memaafkan diri sendiri dan orang lain, dan membangun kepercayaan dengan diri sendiri.

Mampu Menghadapi Rasa Takut

Setelah menerima kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri sendiri, kita akan merasa cukup atas apa yang kita miliki. Sehingga, kita tidak perlu merasa takut atas apa yang dimiliki dan pencapaian yang orang lain lakukan. Kita akan berhenti dengan rasa takut yang kita miliki dan mulai berpikir optimis untuk mensyukuri dan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri. Dengan begitu, kita akan lebih menitikberatkan perhatian kita kepada porses yang dijalani oleh diri sendiri dan berhenti membandingkan diri sednrid dengan orang lain.

Mampu Menghargai Diri Sendiri

Self love akan membuat kita lebih menghargai hal-hal baik yang ada dalam diri kita sendiri. KIta akan percaya kepada diri kita sendiri melalui prinsip dan kemampuan yang kita miliki. Menghargai diri sendiri juga dapat dilakukan dengan cara senantiasa mengambil sisi positif atas hal-hal buruk yang dialami oleh diri sendiri. Dengan begitu, kita akan senantiasa belajar atas kesalahan dan kegagalan yang dialami untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Dikelilingi oleh Banyak Energi Positif

Saat kita mulai melakukan banyak hal untuk self love, kita pun akan dikelilingi oleh banyak energi positif yang bersumber dari dalam diri sendiri dan lingkungan sekitar kita. Kita akan senantiasa memandang banyak hal dari sisi baiknya yang baik untuk kesehatan mental kita. Energi positif tersebut akan membuat kita dan orang-orang di sekitar kita merasa nyaman dan bahagia.

Baca juga: 5 Inspiring Quotes Terbaik dari Tokoh Dunia untuk Bangkitkan Semangat

Manfaat-manfaat dari self love tersebut sangat berdampak bagi kesejahteraan hidup kita jika kita dapat mulai mencintai diri kita sebagaimana kita mencintai orang yang kita sayangi. Berikut adalah 10 langkah untuk mencintai diri kita yang dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental kita. Berikut adalah penjelasannya.

10 Cara Self Love untuk Memelihara Mental Health Kita

Melakukan Positive Self-Talk

Mengatakan hal-hal baik pada diri sendiri adalah salah satu bentuk self love!
Mengatakan hal-hal baik pada diri sendiri adalah salah satu bentuk self love, lho!

Positive self-talk adalah salah satu hal yang bisa dibiasakan sebagai bentuk self love. Positive self-talk dapat mengurangi pikiran-pikiran negatif yang ada dalam diri kita dengan cara menggantinya dengan kalimat-kalimat positif yang dapat membuat perasaan kita jauh lebih baik. Positive self-talk haruslah dibiasakan agar kita terbiasa dan tersugesti dengan kalimat-kalimat positif yang kita katakan pada diri kita sendiri. Positive self-talk dapat dilakukan saat kita memulai hari atau sebelum kita tidur di malam hari.

Menghiraukan Pikiran Buruk yang Diciptakan oleh Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri dengan cara menghiraukan pikiran buruk

Pikiran buruk yang hadir merupakan salah satu hal yang dapat membuat kita sedih dan tidak dapat menjalani hari dengan sempurna. Selain itu, pikiran-pikiran buruk juga kerap kali membuat kita tidak bisa maksimal dalam melakukan aktivtas sehari-hari. Salah satu bentuk self love adalah dengan tidak terlalu menanggapi pikiran-pikiran negatif yang kita buat sendiri dan tetap fokus pada tujuan hidup kita.

Berhenti Membandingkan Diri Sendiri

Berhenti membandingkan dan fokus pada proses diri sendiri adalah self love yang bisa membawa kita menuju kesuksesan

Salah satu hal yang dapat membuang waktu dalam hidup kita secara sia-sia adalah dengan membandingkan diri kita dengan orang lain. Pencapaian orang lain kerap kali membuat kita FOMO dan merasa tertinggal dari orang lain, hingga akhirnya proses kita semakin terlambat karena kita terlalu fokus memikirkan pencapaian orang lain. Ada baiknya jika kita mulai berhenti untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain, dan mulai fokus dengan usaha kita dalam mewujudkan mimpi-mimpi kita kelak.

Kelilingi Diri Kita dengan Orang-orang yang Mendorong Kita Untuk Menjadi Lebih Baik

Memilih lingkungan yang baik adalah salah satu bentuk self love yang baik untuk mental health

KEsehatan mental kita dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan orang-orang di sekeliling kita. Salah satu cara menjaga mental health kita adalah berada di lingkungan yang nyaman, menyenangkan, dan mendorong kita untuk menjadi lebih baik. Dengan berada di lingkungan yang nyaman dan suportif, kita akan terdorong untuk terus berkembang menjadi versi terbaik dari diri kita dengan dorongan mereka yang kerap berada di sekeliling kita. Sehingga kita dapat terpacu untuk menjadi lebih baik dan melakukan banyak hal yang positif untuk kebaikan kita sendiri.

Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Melakukan self love dengan cara meluangkan waktu untuk diri sendiri

Menyendiri tidak selamanya buruk. Beberapa orang kadang merasa lebih terisi kembali energinya saat mereka mengisi waktu luangnya dengan menyendiri. Dengan menyendiri, kita dapat mendapatkan hal baik dan melepas banyak hal buruk di saat yang bersamaan. Selain itu, menyendiri juga dapat menjadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran dan self healing dari banyaknya aktivitas yang melelahkan.

Carilah Hal-hal yang Dapat Kita Syukuri Setiap Hari

Mencintai diri sendiri dengan cara bersyukur atas hal-hal kecil yang masih ada

Salah satu cara untuk tetap bahagia adalah dengan terus bersyukur atas hal-hal yang masih kita miliki. Tanpa kita sadari, banyak hal yang bisa kita syukuri setiap hari. Hal-hal kecil seperti masih diberikan kesehatan, pekerjaan, dan nikmat-nikmat lainnya adalah sebagian kecil dari hal-hal yang bisa kita syukuri. Kita juga harus beryukur pada diri kita sendiri yang masih berjuang untuk terus mewujudkan mimpi-mimpi kita.

Jangan Ragu Untuk Berkata “Tidak” kepada Orang Lain

Jangan rugu untuk berkata tidak dan demi memprioritaskan hal lain

Beberapa dari kita mungkin selalu mengiyakan ajakan atau tawaran yang kita terima dari orang lain, padahal dalam beberapa kondisi tertentu, mungkin kita tidak terlalu ingin untuk mengikuti atau menerima ajakan atau tawaran yang kita terima. Namun, hal tersebut kerap kali didasarkan atas rasa ketidakenakan kita pada orang lain yang kerap melekat dalam diri kita. Padahal, kita punya hak untuk menolak ajakan atau tawaran tersebut jika memang tawaran tersebut bukan menjadi prioritas utama kita.

Belajar Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan kesalahan diri sendiri adalah salah satu cara mengaplikasikan self love

Setiap orang merupakan tepat berkumpulnya berbagai macam kesalahan yang mereka perbuat, baik secara disengaja maupun tidak. Namun, sudah bukan saatnya lagi bagi kita untuk terus memikirkan apa yang sudah berlalu. Untuk menebusnya, mungkin kita bisa berfokus pada masa depan kita dan terus memperbaiki diri. Terkadang, kesalahan yang kita perbuat bisa menjadi salah satu cara bagi kita untuk belajar agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Belajar untuk Keluar dari Zona Nyaman

Belajar hal baru bisa membuat diri kita berkembang

Salah satu bentuk self love adalah dengan terus belajar dan mengembangkan potensi dalam diri dengan hal-hal baru. Dengan keluar dari zona nyaman dan mempelajari hal-hal baru, kita dapat mengenal diri kita dengan baik dan menggali potensi untuk mendapatkan banyak kesempatan baru yang mungkin dapat membawa kita melangkah lebih jauh lagi untuk semakin dekat dengan mimpi kita. Berada di zona nyaman memang bukanlah sesuatu yang salah, namun mencoba hal baru adalah salah satu bagian yang menyenagkan dalam hidup yang harus kita coba.

Memulai Pola Hidup Sehat

Memulai pola hidup sehat adalah bentuk self love yang harus kita lakukan

Salah satu bentuk self love yang harus kita lakukan adalah dengan memulai pola hidup sehat. Selain baik untuk kesehatan fisik, pola hidup sehat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mental kita. Berolahraga secara rutin, memakan makanan sehat, dan menjaga pola tidur terbukti dapat membuat kita sehat dan membuat suasana hati jauh lebih baik. Pola hidup sehat juga salah satu investasi jangka panjanga yang harus kita lakukan dan pertahankan. Dengan begitu, kita dapat mencintai diri kita secara menyeluruh.

Itulah beberapa manfaat dan cara self love yang bisa kita coba untuk menjaga kesehatan mental kita, dan membuat hidup kita jauh lebih baik. Semoga bermanfaat!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping