Blog

Pengelolaan Diri: Incredible 7 Benefit Self Management

clark-tibbs-oqStl2L5oxI-unsplash
Pengembangan diri Edukasi

Pengelolaan Diri: Incredible 7 Benefit Self Management

Manusia memiliki banyak aktivitas dalam kehidupannya sehari-hari. Agar aktivitas-aktivitas manusia dapat berjalan dengan efektif, lancar dan teratur tentu dibutuhkan strategi. Salah satunya yang dapat dilakukan adalah self management atau pengontrolan diri.

Seperti pada masa covid-19 pemerintan menetapkan gerakan 3M berupa memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Tetapi, banyak masyarakat yang tidak melakukan dan melanggar. Contoh lainnya ketika seseorang bermain media sosial tanpa memperhatikan waktu sehingga tanggung jawab lainnya ditinggalkan. Inilah alasan yang mengapa self management itu penting dan juga mampu membuat hidup seseorang menjadi lebih efektif dan bermakna.

Pada artikel ini akan memba tentang self management, mulai dari pengertian hingga tips untuk meningkatkan self management diri.

Konsep Dasar Self Management

Ada beberapa pengertian pengontrolan diri menurut Ahli.

Merriam & Caffarella (Knowles, 2003 ) : pengontrolan diri adalah upaya seseorang untuk melakukan perencanaan, pemusatan perhatian, dan evaluasi terhadap aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan.

Menurut Cormier & Cormier (1985:), Self Management adalah suatu proses dimana konseli mengarahkan tingkah lakunya sendiri dengan menggunakan satu strategi atau kombinasi strategi.

Dapat disimpulkan bahwa self management adalah suatu strategi yang digunakan individu untuk mengatur atau mengontrol perilakunya.

Self management banyak digunakan oleh konselor sebagai teknik konseling yang bertujuan untuk mencegah dan merubah pikiran, perasaan, dan perilaku negatif individu, mengembangkan keterampilan yang dimiliki, serta membantu individu menghadapi situasi-situasi tertentu. Pengelolaan diri merupakan teknik kognitif behavioral, karena manusia pada dasarnya memiliki kecenderungan-kecenderungan positif dan negatif. Perilaku manusia merupakan hasil dari proses belajar atau pengalaman dari lingkungan.

Pengeloaan diri mencakup self-monitoring (pemantauan diri), self-reward (reinforcement positif), self-contracting (kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri), dan stimulus control (dan penguasaan terhadap ransangan).

Manfaat Self management

–          Membantu Individu Mengelola Diri

Individu mampu mengatur dirinya sendiri baik berupa pikiran, ucapan, serta perilaku tanpa campur tangan orang lain, sehingga mampu berkembang secara optimal. Pengelolaan diri yang tepat menjadikan hidup individu lebih positof dan terarah.

–          Individu mampu menentukan prioritas

Pengontrolan diri yang baik yang dimiliki oleh individu mampu untuk merubah perilaku individu. Individu mampu menentukan prioritas serta memiliki kejelasan tujuan atau cita-citanya serta mampu untuk langkah-langkah agar mampu mencapai cita-citanya.

–          Memiliki Manajemen waktu yang baik

Keterampilan pengelolaan diri juga berpengaruh terhadap manajemen waktu. Orang-orang dengan keterampilan tersebut cenderung memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan baik, agar mereka tetap produktif. Tidak tertarik dengan kegiatan-kegiatan yang membuang waktu dengan percuma.

  • Bertanggung Jawab

Adanya pengelolaan diri membuat individu bertanggung jawab atas apa yang telah dipilih. Rasa tanggung jawab juga akan berpengaruh terhadap motivasi serta kepercayaan diri yang dimiliki individu. Mereka percaya bahwa dirinya bisa.

–          Tidak Mudah Terpengaruh (Mampu Mengekspresikan Diri)

Individu tidak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif dari lingkungannya. Banyak yang terjadi disekitar lingkungan seperti melakukan intimidasi sehingga tidak berani mengekspresikan diri. Contoh: ketika diajak oleh teman untuk nongkrong saat ingin mengerjakan tugas, dia berani untuk menolaknya dengan cara yang tepat.

–          Mampu Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Setiap individu pasti akan menghadapi dunia yang baru beserta dengan tantangannya. Adanya keterampilan self management individu mampu membaca situasi dan mengontrol dirinya ketika berhadapan dengan suatu masalah. Saat menghadapi suatu masalah individu juga harus menentukan strategi yang tepat untuk menyelesaikannya. Contohnya: Banyak masyarakat yang melaksanakan anjuran stay at home pada awal masa pandemi covid-19.

–          Memiliki Fokus dan konsentrasi

Saat melakukan aktivitas-aktivitas yang penting seperti bekerja, belajar, kuliah dan lainnya individu tidak mudah terpengaruh atau terdistrack dengan aktivitas yang tidak penting. Individu akan fokus terhadap prioritas dan tanggung jawab yang dimilikinya.

Memulai untuk melakukan perubahan pada diri bukanlah hal yang mudah, niat saja tidak akan pernah cukup. Besar atau kecilnya niat yang dimilki tidak akan berarti tanpa ada tindakan. Satu tindakan kecil yang diambil bisa membuat perubahan yang besar. Kesuksesan dimulai dari diri Anda sendiri, mulailah dengan self management diri Anda karena itu memberikan banyak perubahan. Banyak orang yang tidak sadar akan pengeloaan diri yang mampu merubah pikiran dan perilaku menjadi positif.

Baca juga: Amazing Strategy! Persiapkan Karir Anda dengan Career Coach. 4 Peran Career Coach

Comment (1)

  1. […] Baca juga: Pengelolaan Diri: Incredible 7 Benefit Self Management […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping