Blog

10 Best Ways Untuk Motivasi Diri yang Efektif dan Mudah

motivasi diri
Edukasi

10 Best Ways Untuk Motivasi Diri yang Efektif dan Mudah

Motivasi diri merupakan faktor penggerak maupun dorongan yang dapat memicu timbulnya rasa semangat dan juga mampu merubah tingkah laku manusia atau individu untuk menuju pada hal yang lebih baik untuk dirinya sendiri.

Pendapat lain mengenai motivasi juga dikemukakan oleh Dimyati dan Mudjiono (2009) yang mengatakan bahwa motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia,

Orang termotivasi dapat dilihat dari ciri-ciri yang ada pada diri orang tersebut. Ciri-ciri orang termotivasi antara lain tidak mudah putus asa dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, selalu merasa ingin membuat prestasinya semakin meningkat.

Kalian pernah gak sih merasa jenuh atau lelah menjalani aktivitas? Kalau iya maka artinya kalian perlu meningkatkan kembali motivasi dan semangat kalian. Tidak bisa dipungkiri, seringkali kita dihadapi keadaan yang sulit dan tidak nyaman. 

Menurut sebuah penelitian dari buku “Switch: How to Change Things When Change Is Hard”, emosi adalah bagian penting dalam melaksanakan rencana apapun. Kita perlu berpikir untuk merencanakan, tetapi kita perlu merasa untuk bertindak.

Jadi, jika kalian sudah mendapatkan bagian pemikirannya, bagaimana cara kita membangkitkan emosi itu dan menyelesaikan sesuatu? Nah pada kesempatan kali ini Eny Kusrini akan memberi kalian The Best Ways atau cara untuk motivasi diri kalian terangkat kembali. Simak kelanjutannya di bawah ini.

Cara Motivasi Diri Sendiri

1. Cobalah Sesuatu Yang Berbeda

Seperti Membaca Buku Jika Kalian Tidak Pernah Membaca Buku Di Keseharian Kalian

Tantanglah diri kalian untuk melakukan satu aktivitas dan kegiatan baru setiap harinya yang berbeda dari rutinitas kalian selama ini. Misalnya, belajar memasak beberapa menu baru, mengikuti kelas online melukis, mencari hobi baru dan aktivitas aktivitas inspiratif lainnya, atau sesederhana mulai mencoba stretching, mandi dan mendengarkan musik upbeat.

2. Buatlah Daftar Tugas Yang Harus Dilakukan

Daftar Tugas Akan Membuat Kalian Lebih Tertata

Buatlah daftar kegiatan yang akan dilakukan di dalam agenda atau ponsel kalian. Tandai jika telah berhasil menyelesaikannya. Hal sederhana ini akan mendorong kalian untuk segera memenuhi daftar tersebut. Hal ini akan dapat membuat kalian lebih ter organisir dalam melakukan sesuatu. Tidak bingung apa yang harus dilakukan hari ini, hari esok, dan hari selanjutnya.

3. Selesaikan Pekerjaan Berat Di Pagi Hari

Lakukan Sesuatu Di Pagi Hari

Mulailah kegiatan kalian dari awal hari, kemudian isilah dengan beberapa aktivitas yang produktif. Saat mengawali hari gunakan semangat kalian yang masih prima untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaan mulai dari yang tersulit.

4. Fokus Ke Hal Yang Positif Jangan Negatif

Ambil Hal Positif Dari Setiap Apapun yang kalian Lakukan

Jangan biarkan pikiran negatif mengambil alih diri kalian, fokuslah dengan hal hal yang positif karena akan menebarkan energi kebaikan. Contohnya pikiran positif akan menuntun kalian untuk berani ketika mengambil proyek baru atau mencoba bidang yang berbeda dari pekerjaan sebelumnya.

5. Bacalah Biografi Panutan Kalian

Buku Dari Panutan Kalian Dapat Mencerahkan Kalian

Siapa tokoh idola kalian, setiap orang tentu memilikinya. Jika ia seorang publik figur kalian bisa mempelajarinya melalui buku biografi perjalanan kisahnya. Satu langkah ini dapat menuntun kalian untuk raih kesuksesan. Pelajari bagaimana dia merih kesuksesan, ambil hal positif yang bisa kalian pelajari untuk diri kalian sendiri.

6. Pejamkan Mata Dan Visualisasikan Tujuanmu

Bayangkan Seperti Bagaimana Kalian Kedepannya Nanti

Jika memiliki impian yang belum berjalan sesuai dengan rencana atau dalam tahapan merintis, gunakan waktu senggang kalian untuk bermeditasi. Cobalah untuk memejamkan mata, kemudian visualisasikan impian kalian. Seperti bagaimana jika kalian berhasil dalam suatu pekerjaan, Bagaimana kalian akan mengelolanya, Seperti apa kedepannya yang akan kalian lakukan. Langkah tersebut akan terasa nyata dan mampu membuat kalian termotivasi untuk segera mewujudkannya.

7. Menikmati Keindahan Alam

Jangan Dibawa Pusing, Refreshing Dapat Membuat kalian Semangat Kembali

Sesekali berjalan ke luar rumah dan berkunjung ke tempat tempat berpanorama indah seperti pegunungan, pantai, perbukitan, air terjun dan beragam keindahan alam lainnya. Pemandangan alam yang cantik akan membuat pikiran kalian kembali jernih dan memancing ide ide segar.

8. Jika Gagal, Jangan Menyerah, Lanjutkan

Jangan Pernah Myenyerah Dalam Suatu Kegagalan

Jangan biarkan kegagalan mengambil alih kebahagiaan dan semangat kalian. Jika terjatuh dan gagal maka segera bangkitlah untuk melanjutkan hidup kalian, percayalah akan ada jalan baru yang terbuka setelah melaluinya. Percaya juga bahwa didalam kegelapan pasti ada cahaya yang bersinar. Tidak ada yang namanya kegagalan kekal jika kalian terus berusaha.

9. Persiapkan Segala Sesuatu Lebih Awal

Persiapkan Apapun Itu Yang Kalian Butuhkan Dalam Kehidupan Kalian

Ketika hendak melakukan aktivitas atau kegiatan tertentu, biasakan diri kalian untuk mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh jauh hari, karena persiapan yang mendadak memungkinkan adanya hal-hal penting yang tertinggal.

10. Bersihkan dan Rapikan Ruang Kerja

Ruang Kerja Yang Bersih Dapat Membuat kalian Semangat Kembali
Source : supremecleaning.co.uk

Ruangan yang bersih akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kita merasa nyaman dalam beraktivitas. Karena, pemandangan yang rapi, akan membuat kalian lebih fokus terhadap pekerjaan ketimbang distraksi bungkusan makanan, tumpukan buku atau pakaian kotor. Dan dengan ruangan rapih juga akan membuat psikologi kita menjadi semangat kembali.

Berikut merupakan cara mudah dan efektif dalam memotivasi diri kalian, Jangan pernah menyerah dalam mencoba sesuatu karena jika kalian sudah menyerah satu kali saja, itu akan merubah seluruh hidup kalian menjadi tidak beraturan.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping