Blog

Jika Ingin Menjadi Best Trainer wajib mempunyai 10 Sifat ini

trainer
Edukasi

Jika Ingin Menjadi Best Trainer wajib mempunyai 10 Sifat ini

Trainer adalah pekerjaan yang memberikan jam kerja yang fleksibel. Untuk menjadi seorang pelatih, kalian tidak hanya perlu belajar sendiri tetapi juga belajar secara konsisten. Jika kalian berencana untuk menjadi pelatih, pastikan kalian memiliki pelatihan formal untuk keterampilan kalian.

Bukan hanya itu saja dilansir dari renesia.com Trainer juga adalah sebuah profesi yang diyakini menghasilkan pendapatan lebih tinggi dari kursus dan modul pelatihan yang dikembangkan. Gaji rata rata pelatih berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp puluhan juta per bulan. Semakin banyak keterampilan pelatihan profesional yang kalian kembangkan dan semakin kalian mengembangkan keterampilan orang lain, semakin tinggi harga per sesi.

Nah, untuk menjadi best trainer tentunya kalian wajib memiliki sifat sifat tertentu agar kalian terlihat lebih professional dalam melakukan pekerjaan kalian sebagai trainer. Kali ini Eny Kusrini akan memberti tahu kalian sifat sifat apa saja yang wajib dimiliki oleh seorang trainer, jika kalian ingin menjadi trainer yang professional simak kelanjutannya dibawah ini.

Sifat-Sifat Trainer

1. Consistent / Role Model

jadi role model untuk audience menunjukan pesan seperti plan to goal

Role Model maksudnya adalah seorang trainer bisa menjadi contoh atas pesan yang disampaikannya dan berkomitmen untuk melaksanakan apa yang dia katakan. Seorang trainer yang menjadi role model akan sangat dipercaya oleh pendengarnya, ketimbang seorang trainer yang hanya bisa berbicara tetapi tidak memiliki prestasi apapun. Trainer perlu memperhatikan konsistensi antara apa yang dia ucapkan dengan kenyataan yang ada pada dirinya.

2. Clarity

pertanyakan diri kalian jika ingin menjadi pelatih
Source : SKMtraining

Clarity maksudnya seorang trainer harus memiliki pesan yang jelas untuk disampaikan kepada audience nya. Misalkan kalian membawakan pesan kepada pemuda untuk menjadi generasi cemerlang melalui gaya hidup CerdasMulia. Atau ada mentor kalian yang jelas menyampaikan pesan tentang menemukan passion. Intinya dari sifat ini, kalian harus bisa menjawab pertanyaan, “Who am I?” dan “What kind of message that I want to spread for my audience?”

3. Competent

seorang pelatih professional akan menguasai pembelajaran dan cara pembawaannya
Source : observatory

Competent maksudnya setiap trainer perlu menguasai minimal 2 hal : penguasaan subjek ilmu yang ingin disampaikan seperti contoh : keuangan, bisnis, atau pengembangan diri dan penguasaan panggung. Penguasaan panggung di sini meliputi mulai dari mempersiapkan materi, membawakan materi dengan sangat menarik mulai dari slide, cara penyampaian, dll serta mengevaluasi materi yang telah dibawakan.

4. Confident

seorang pelatih harus percaya diri dalam mebawakan pelajaran

Confident maksudnya adalah menjaga kepercayaan diri saat diberikan tantangan yang lebih besar atau mendapatkan klien yang juga lebih besar. Cara menjaga kepercayaan diri adalah dengan terus menerus belajar hingga menjadi seorang expert di bidangnya.

5. Creative

pembawaan pembelajaran harus dilakukan sekeratif mungkin

Creative maksudnya adalah kemampuan menciptakan nilai tambah baru atau sesuatu yang unik dan berbeda dari sebelumnya. Tanpa kreativitas, maka pelatihan yang kita bawakan akan cenderung membosankan. Seperti contoh jika kalian membawakan suatu pelajaran kalian dengan tanpa adanya animasi itu akan membuat boring suatu pembelajaran, tapi jika kalian membawakan sebuah animasi dalam pembelajaran kalian atau sebuah demonstrasi itu akan membuat kelas menjadi tidak terlalu boring.

6. Collaborative

berkerja sama untuk membuka wawasan yang baru

Collaborative maksudnya adalah keterbukaan untuk bekerjasama dengan orang lain. Seringkali ditemukan bahwa pelatih biasanya merasa bisa mengandalkan semuanya sendiri. Beranikan diri untuk asking for help apabila memang kita tidak menguasai suatu topik tertentu.

7. Communicative

berkomunikasi antara audience

Communicative maksudnya bukan hanya bisa berkomunikasi menarik di atas panggung saja, tetapi juga pada komunikasi satu lawan satu kepada klien atau peserta kita. Salah satu cara untuk mengukur apakah kita komunikatif adalah dengan melihat apakah orang nyaman berkomunikasi dengan kita atau tidak. Seperti contoh di saat kalian membawakan pelajaran kalian, kalian berinteraksi dengan menanyakan sesuatu ke audience kalian. Communicative ini sangat penting bagi seorang pelatih karena dengan komunikasi seorang pelatih dapat lebih dekat lagi dengan audiencenya.

8. Courageous

berani ambil resiko dalam menangani klien

Courageous maksudnya adalah keberanian untuk mengambil risiko, terutama menghadapi klien baru atau saat membuat program program baru yang memiliki risiko. Namun, risiko ini bukan berarti tidak diukur. Jika kita melihat bahwa peluangnya lebih baik, maka sebaiknya diambil walaupun ada risiko yang menyertainya.

9. Caring

seorang trainer harus perduli dengan audiencenya

Caring maksudnya adalah tulus peduli kepada orang lain. Kita adalah pelayan untuk membantu mereka menyelesaikan masalah mereka. Trainer terbaik adalah mereka yang secara tulus peduli terhadap audience mereka. Jika mereka butuh pertanyaan atau bimbingan dari kalian, kalian wajib untuk memenuhi kenbutuhan mereka.

10. Compassion

menjadi seorang pelatih harus memiliki sebuah passion

Compassion maksudnya adalah sebuah sikap antusias dan menghayati penuh profesi pelatih sebagai passion mereka. Banyak dari pelatih yang karena tidak memiliki sifat ini, menjadi bosan karena membawakan pelatihan hanya menjadi sebuah rutinitas saja tanpa memaknainya secara mendalam tanpa adanya passion untuk menjadi seorang pelatih.

Berikut merupakan sifat sifat yang wajib dimiliki seorang trainer, jika kalian sudah memenuhi sifat sifat tersebut dan mempunyai kualitas dalam profesi ini, Eny Kusrini dapat memberi kalian kesempatan untuk menjadi Trainer, jika memang kalian tertarik untuk menjadi trainer di Eny Kusrini, kalian bisa langsung klik link ini. ENROLL NOW!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping