Blog

5 Cara Generasi Millenial dalam Membangun Skill Digital Marketing

Digital marketing
Pengembangan diri

5 Cara Generasi Millenial dalam Membangun Skill Digital Marketing

Generasi millenial dijelaskan sebagai kelompok masyarakat yang lahir di akhir tahun 80-an hingga awal tahun 90-an, dan mereka merupakan segmen pasar paling ideal di era digital marketing seperti saat ini. Generasi millenial juga memiliki karakteristik tersendiri dalam beberapa hal, seperti berambisi untuk selalu membangun skill di beberapa hal, selalu mengikuti tren masa kini, sadar akan teknologi, memiliki mindset yang lebih luas dan terbuka, tidak segan mengeluarkan dana untuk belanja atau mengikuti tren terkini. Mereka berasumsi bahwa dengan mengikuti tren terkini bisa menunjang karier mereka di era millenial dan membuka peluang relasi yang lebih luas lagi. Maka generasi ini menjadi salah satu target atau konsumen yang paling banyak diminati di dunia digital marketing.

Dilansir dari fecon.uii dari data yang diperoleh, di Indonesia mulai banyak menggunakan internet pada tahun 2014 dan yang paling banyak mengejutkan di tahun 2017 pengguna internet sudah mencapai jumlah yang fantastic yaitu sebanyak 143,26 juta jiwa dari262 juta jiwa dari penduduk Indonesia, artinya sudah lebih dari 54% penduduk di Indonesia telah memakai internet. Artinya, hanya dalam kurun waktu tiga tahun internet telah berkembang dan tumbuh pesat di Indonesia. Beberapa orang juga mengatakan bahwa untuk saat ini sinyal dan kuota sudah menjadi makanan sehari-harinya.

Disamping semakin berkembang pesatnya internet di Indonesia, maka semakin berkembang pula kecanggihan teknologi digital yang mendorong generasi millenial untuk mencari peluang karier mereka di masa depan. Tentu dengan caranya dan kemampuan mereka dalam mengelola teknologi di era millenial ini. Pesatnya teknologi di masa sekarang menjadikan media sosial maupun website sebagai akses komunikasi sebagai saluran menawarkan produk atau jasa lainnya. Teknik ini biasa dikenal dengan sebutan digital marketing yaitu sebuah pemasaran yang menggunakan media elektronik dan jaringan internet agar dapat berkomunikasi tanpa tatap muka atau secara online dengan konsumen.

Dalam memasarkan konten produk dengan berbgai informasi terbaru yang dapat menarik perhatian pada generasi millenial, maka perusahaan ataupun startup yang menyediakan layanan ataupun produk harus siap mengikuti perkembangan teknologi dan harus mampu untuk terus beradaptasi dengan setiap inovasi yang terus berkembang sesuai dengan tren masa kini.

Baca juga : Trend 5 Strategi Marketing Efektif Untuk Mengembangkan Bisnis

Maka dengan demikian perusahaan ataupun startup yang menyediakan layanan jasa maupun produk sedang berlomba-lomba untuk mencari talent yang memiliki ketrampilan pada bidang teknologi salah satunya digital marketing untuk membantu mengembangkan branding mereka dan agar banyak diminati di pasaran melalui media online. Nah buat anda yang memiliki cita-cita atau impian untuk terjun di dunia digital marketing yang handal dan sukses di era millenial ini, berikut beberapa cara untuk membangun skills digital marketing yang harus anda ketahui:

1. Tingkatkan Skill Analisa

Skill analisa digital marketing
Skill analisis diperlukan digital marketing

Dalam bidang digital marketing diwajibkan dapat membuat analisa aktivitas marketing yang sedang dicoba. Dengan demikian digital marketer harus terus meningkatkan keahlian analisisnya dan dapat mengkonversi penjualan dari situs web yang dimilikinya. Maka anda yang akan terjun ke dunia digital marketing dapat mengambil langkah ataupun dapat memastikan estimasi kedepannya mengenai penjualan yang dilakukan. Untuk dapat meningkatkan skill analisa ini, anda dapat mengikuti kursus di beberapa lembaga ataupun mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan skill analisa anda.

2. Melek akan Teknologi dan Aktif di Media Sosial

Aktif media sosial di era generasi millenial
Aktif media sosial di era generasi millenial

Teknologi yang semakin berkembang, terlebih di tengah era generasi millenial ini membuat banyak perusahaan harus terus berkembang dan beradaptasi untuk mengikuti perkembangan jaman. Maka perlunya untuk melek teknologi dan keaktifannya dalam media sosial menjadi ketrampilan yang perlu di bangun untuk bisa menjadi seorang digital marketer yang professional. Umumnya dengan media sosial ini dapat memperluas pemasaran produk yang tepat dengan sasaran pasar.

Sebagian media sosial yang kerap digunakan oleh para marketer ini seperti Iinstagram, Facebook, ataupun Twitter dan media sosial lainnya. Selain memanfaatkan teknologi, media sosial ini memiliki sasaran pasar yang tepat. Namun beberapa media sosial ini memiliki sasaran pasar yang memiliki umur yang berbeda, sehingga anda wajib aktif di beberapa macam media sosial tersebut agar dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.

Anda dapat melihat apa saja yang sedang hangat dibicarakan melalui media sosial dan konten seperti apa yang akan anda angkat untuk menarik perhatian para konsumen. Dengan ini para marketer jangan malas untuk selalu mengikuti tren yang ada dan selalu mengikutinya, tidak salah jika memiliki banyak media sosial yang anda ikuti untuk melihat lebih luas informasi yang sedang banyak di bicarakan.

3. Ikuti Pelatihan Digital Marketing

Perlunya pelatihan digital marketing
Perlunya pelatihan digital marketing

Selain itu, seperti dibicarakan pada point pertama, cara untuk membangun skill digital marketing yang lainnya ialah dengan mengikuti pelatihan digital marketing. Lebih dalamnya, para marketer berpartisipasi dalam kursus digital marketing yang dibuka oleh beberapa institusi. Jika harus mengeluarkan dana untuk mengikuti kursus ini, namun ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk memperluas relasi karena akan bertemu dengan beberapa orang-orang baru. Namun jangan takut untuk terus menggali lebih dalam skill marketing di beberapa tempat yang mungkin dapat menambah pengetahuan anda seperti mengikuti seminar ataupun workshop yang free.

4. Pelajari cara membuat konten yang menarik

Konten marketing dapat menarik para konsumen
Konten dapat menarik para konsumen

Sebagian besar marketer memiliki istilah “content is a king” atau dengan kata lain sebuah konten adalah kunci agar anda dapat melakukan pemasaran dengan baik agar target pasar dapat tertarik dengan jasa atau produk yang anda tawarkan. Tentu konten ini dibuat dengan sedemikian rupa sesuai dengan target yang telah dianalisa sebelumnya, karena tidak semua konten dapat diterima oleh semua kalangan.

Dengan demikian, untuk para marketer harus bisa mempelajari lebih baik dalam pembuatan konten, ketrampilan desain grafis juga diperlukan untuk membuat konten semakin menarik. Nah digital marketing ini di dalamnya terdapat SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Serta konten di dalamnya terdiri dari beberapa jenis seperti artikel, video, animasi dan lain sebagainya. Maka teruslah tingkatkan kemampuan anda dalam membuat konten yang menarik.

5. Komunikasi yang baik

Skill komunikasi baik untuk digital marketing
Skill komunikasi baik untuk digital marketing

Sekalipun marketing dilakukan secara online, digital marketer tentu harus memiliki komunikasi yang baik agar konsumen dapat dengan mudah memahami apa yang sedang dikomunikasikan. Komunikasi disini juga mencakup hal-hal yang diakukan melalui media sosial dan situs web. Menyusun kata-kata yang digunakan sebagai bahan informasi yang akan dipahami oleh orang lain, konten yang dibuat oleh marketer belum tentu selalu dipandang bagus, indah atau bahasa dengan tingkat tinggi tetapi harus dapat dipahami oleh pembaca. Penting juga untuk merespon pertanyaan yang masuk melalui media sosial ataupun situs web terkait dengan marketing anda, karena konsumen akan dengan senang hati menerima layanan dan dapat menambah nilai plus bagi marketing anda.

Maka demikianlah cara membangun skill digital marketing bagi para marketer di tengah era millenial seperti saat ini, salah satunya pada bidang digital marketing. Perlu diperhatikan, digital marketing dapat di terapkan di berbagai usaha tidak hanya di perusahaan saja. Jadi untuk kamu yang ingin terjun di dunia digital marketing dapat mencoba kelima cara diatas.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping