Blog

Super Cool! 5 Skill Konsultan Bisnis untuk Mengundang Calon Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Ketahui!

skil yang wajib dikuasiai oleh konsultan bisnis
Business

Super Cool! 5 Skill Konsultan Bisnis untuk Mengundang Calon Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Ketahui!

skill-skill yang wajib dimiliki oleh konsultan bisnis
Skill-skill yang harus dikuasai oleh konsultan bisnis untuk mengundang pengusaha sukses

Konsultan bisnis merupakan salah satu profesi yang mulai familiar bagi masyarakat umum. Profesi ini dapat dikatakan sebagai salah satu faktor yang membuat bisnis suatu perushaan bertumbuh dan berhasil mencapai tujuannya. Akan tetapi, beberapa pendiri perusahaan atau pebisnis masih mengaggap bahwa profesi ini adalah barang mahal bagi perusahaan, sehingga banyak pebisnis mengurungkan niatnya untuk menyewa jasa mereka dalam perusahaanya.

Melihat persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat, setiap perusahaan pasti berlomba-lomba dalam mencari hal-hal baru yang inovatif untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Untuk menjadi yang terbaik, bukan tidak mungkin jika pada prosesnya perushanaan-perusahaan ini akan menemukan banyak masalah yang harus diselesaikan. Jika suatu perusahaan salah dalam mengambil langkah, maka hal tersebut berpotensi menghasilkan kesalahan yang fatal. Maka dari itu, sudah sewajarnya bila setiap perusahaan memiliki penasihat yang ahli untuk membantu perkembangan bisnis mereka.

Penasihat dalam bisnis kerap disebut sebagai konsultan bisnis. Siapakah mereka? Seorang konsultan dalam dunia bisnis atau biasa dikenal dengan business consultant adalah orang yang dapat memberi petunjuk dan nasihat-nasihat yang dapat memberi dampak positif bagi perkembangan bisnis atau perusahaan. Melansir dari Accurate, peran konsultan dalam bisnis dapat membantu suatu perusahaan dalam mengahdapi tantangan, meningkatkan pendapatan, serta membantu pertumbuhan perusahaan.

Baca juga: Ingin Sukses di Dunia Kerja? Ini Dia 6 Soft Skill yang Harus Anda Miliki!

Meskipun beberapa perusahaan masih mengangap bahwa profesi ini tidak terlalu penting, tidak menutup kemungkinan jika pekerjaan seorang konsultan ini bisa mendapatkan pasarnya tersendiri. Melihat banyaknya perusahaan perintis atau yang biasa dikenal dengan start-up mulai berkembang, membuat profesi konsultan bisnis mulai dilirik oleh beberapa perusahaan untuk membantu bisnis mereka bisa berkembang dengan baik. Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang bagi beberapa orang yang mungkin tertarik untuk menjadi seorang konsultan yang membatu bisnis suatu perusahaan

Bagi Anda yang mungkin tertarik dengan posisi ini, ada beberapa hal yang harus diketahui. Menjadi seorang konsultan tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus Anda kuasai dan Anda pahami sebagai bekal menjadi seorang konsultan terlebih dalam dunia bisnis. Berikut adalah kiat-kiat untuk memulai jasa konsultas sebagai konsultan bisnis.

Kiat memulai jasa konsultasi sebagai Konsultan Bisnis

Menentukan pasar yang sesuai

Menentukan pasar saat memulai jasa konsultasi dapat dilakukan dengan cara menentukan target atau goals yang telah Anda rencanakan. Menentukan pasar berarti menentukan industri, layanan dan klien apa yang akan dihadapi saat Anda mulai terjun ke lapangan nanti. Maka dari itu, sebelum memulai untuk mengambil profesi ini sebagai bisnis Anda, lakukanlah pertimbangan-pertimbangan tentang bidang apa yang ingin Anda targetkan ke saat mulai membuka jasa sebagai konsultan bisnis.

Akan lebih mudah jika Anda memulainya dengan bidang yang Anda kuasai, yang pernah dialami, atau sesuai dengan latar belakang pendidikan yang telah ditempuh. Selain mempermudah, hal ini dapat membuat Anda mengeluarkan seluruh potensi dari pengalaman dan ilmu yang Anda miliki. Akan tetapi, mencoba berbagai bidang juga dapat memberikan peluang lebih untuk pengalaman Anda sebagai konsultan. Semakin banyak pengalaman, maka semakin banyak juga peluang yang akan Anda dapatkan.

Membuat perencanaan penawaran dan harga yang ditawarkan

Jika Anda telah menemukan bidang atau pasar yang sesuai, maka langkah selanjutnya adalah mengerucutkan jenis jasa atau layanan yang akan diberikan, masalah apa yang mampu Anda selesaikan serta target atau sasaran apa yang akan Anda bantu bagi calon klien Anda nanti. Untuk memudahkan penawaran, Anda dapat membuat deskripsi hal-hal apa saja yang bisa Anda kerjakan bersama calon klien Anda.

Pada saat semua aspek dasar telah Anda persiapkan, hal yang dapat disiapkan selanjutnya adalah menentukan tarif yang perlu klien bayar untuk membayar jasa Anda, diperlukan beberapa pertimbangan dan tergantung model apa yang akan Anda gunakan. Anda dapat menentukan tarif jasa Anda dengan hitungan per jam, per proyek, setiap pertemuan atau model lainnya. Untuk mentukan tarif, ada baiknya untuk melakukan survey agar Anda dapat memasang tarif yang cocok.

Mendapatkan klien pertama

Mendapatkan klien pertama dapat dilakukan dengan mendaftarkan diri melalui website yang relevan, membuat resume yang menarik, atau menawarkan diri pada beberapa perusahaan atau relasi yang dimiliki. Saat mendapatkan klien pertama, Anda dapat berfokus pada bagaimana cara Anda dalam membangun hubungan yang intensif dengan klien Anda serta memberikan kesan pertama yang baik agar klien Anda bisa merasa nyaman dalam berkonsultasi.

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat memutuskan diri untuk menjadi seorang konsultan bisnis, Anda juga harus memahami kemampuan-kemampuan apa saja yang harus dikuasai sebagai konsultan di bidang bisnis. Kemampuan-kemampuan ini dapat menunjang Anda sebagai seorang konsultan. Berikut adalah beberapa skill yang harus dikuasai sebagai konsultan di bidang bisnis agar dilirik oleh calon pengusaha sukses.

Kemampuan-kemampuan yang wajib dikuasai oleh konsultan bisnis

Mampu memahami bisnis dan industri klien

Seorang konsultan bisnis harus pandai memahami profil dan hal detail prusahaan klien

Sebagai seorang konsultan di bidang bisnis, Anda wajib memahami profil dan detail dari bisnis atau industri apa yang sedang dikembangkan oleh klien Anda. Kemampuan ini wajib dimiliki karena berfungsi untukmemahami risiko perusahaan, identifikasi masalah, perencanaan dan pelaksanaan proyek yang akan dilakukan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menanyakan beberapa hal yang ingin diketahui atau memeriksa dokumen-dokumen yang sekiranya dapat memberi data-data informasi yang mendukung. MEmahami hal-hal detail dari klien juga dapat mempermudah proses konsultasi antara konsultan dan klien.

Aktif dalam berkomunikasi

Aktif dalam berkomunikasi adalah skill yang penting untuk dikuasai oleh konsultan bisnis

Tugas utama seorang konsultan adalah memberi konsultasi kepada kliennya, sehingga waktu yang dimiliki oleh seorang konsultan akan dihabiskan untuk berkomunikasi dengan klien. Keterampilan komunikasi yang baik adalah kemampuan yang harus dimiliki setiap konsultan. Komunikasi yang baik antara konsultan dan klien akan berdampak terhadap kemajuan bisnis yang sedang dijalani. Komunikasi yang baik juga apat mengurangi hal-hal fatal yang dapat merusak perkembangan bisnis, klien atau bahkan karir anda sebagai konsultan bisnis.

Baca juga: Ingin Sukses di Dunia Kerja? Ini Dia 6 Soft Skill yang Harus Anda Miliki!

Memiliki pengetahuan dan praktik bisnis yang luas

Seorang bisnis konsultan harus memiliki pengetahuan bisnis yang luas

Seorang konsultan yang memiliki pengetahuan bisnis yang luas dapat membantu perkembangan bisnis yang sedang dijalani oleh klien. Hal ini dapat didukung oleh faktor pengalaman dan latar belakag pendidikan dari konsultan itu sendiri. Semakin banyak pengetahuan dan praktik bisnis yang dimiliki, maka semakin baik juga peran konsultan tersebutdalam membantu kliennya menjadi seorang pengusaha sukses. Dengan memiliki pengetahuan dan praktik bisnis yang luas, konsultan tersebut juga dapat menentukan strategi-strategi bisnis yang tepat dan mengurangi kemungkinan perusahaan yang dipegang tersebut mengalami kegagalan.

Mampu memahami dan memecahkan masalah perusahaan

Konsultan bisnis harus mampu menangani masalah perusahaan klien

Pada proses perjalanannya, suatu perusahaan tidak mungkin senantiasa berjalan lancar. Layaknya pepatah yang mengatakan “semakin tinggi pohon, semakin kencang angin bertiup”, maka bukan tidak mungkin jika semakin besar perusahaan, maka semakin besar juga permasalahan yang dihadapi. Peran konsultan bisnis dalam mengahadapi permasalahan pada perusahaan adalah dengan melakukan analisa dan evaluasi terkait permasalahan yang terjadi, sehingga hal tersebut dapa memudahkan tugas seorang konsultn dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Mampu membuat perencanaan bisnis

Selain memberi konsultasi, konsultan bisnis juga harus mampu membuat perencanaan bisnis klien

Membuat perencanaan bisnis merupakan salah satu bentuk proses agar suatu perusahaan dapat terus berkembang dengan baik. Seorang konsultan dapat memberi masukan-masukan dan beberapa strategi yang dapat direkomendasikan kepada klien agar dapat diaplikasikan pada perusahaanya. Untuk membuat suatu rencana, seorang konsultan harus melihatnya dari berbagai aspek serta data yang ada. Hal ini bertujuan agar menghindari kegagalan dan memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Itulah beberapa kiat dan informasi terkait skill apa saja yang harus dikuasai oleh seorang konsultan di bidang bisnis miliki agar dapat mengundang calon-calon pengusaha sukses untuk bekerja sama dan bekolaborasi menciptakan perusahaan yang berkualitas.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping