Blog

Selain Pelajaran, 5 Skill yang Diajarkan oleh Guru Kepada Siswa

diajarkan kepada siswa
Edukasi

Selain Pelajaran, 5 Skill yang Diajarkan oleh Guru Kepada Siswa

Sekolah merupakan suatu lembaga yang dirancang untuk memberikan pembelajaran kepada siswa di bawah bimbingan dan pengawasan dari seorang guru. Sebagai tempat belajar segala macam hal, sekolah tentunya akan mengajarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan. Di sekolah pula, guru adalah orang yang kita temui setiap hari. Sudah banyak sekali materi pelajaran yang diajarkan oleh guru kepada peserta didik. Karena demikian, tugas utama guru adalah memberikan pelajaran mengenai bidang akademik. Dilansir dari akucepatmembaca.com, menurut Sardiman (1992) seorang guru memiliki peran dalam proses pembelajaran sebagai organisator, informator, motivator, pengarah, inisiator, transmiter, mediator, fasilitator, dan evaluator.

Dengan demikian, peran guru disini tidak hanya memberikan pelajaran di bidang akademik saja, melainkan masih banyak hal yang akan diberikan kepada peserta didik. Hal-hal tersebut sebagian besar diberikan demi kepentingan dan bekal hidup di masa depan. Seperti salah satunya ketrampilan atau skill pada diri mereka.

Sebagai seorang manusia yang akan terus bertumbuh dan berkembang, akan ada saatnya mereka menghadapi sendiri suatu persoalan dalam hidupnya. Begitupun dengan siswa, kelak mereka akan tumbuh dewasa dan tidak lagi bergantung pada orangtua ataupun guru mereka. Maka perlunya ketrampilan ataupun skill yang mereka miliki untuk mengatasi itu semua. Disini bukan hanya peran orangtua yang mengajarkan ketrampilan tersebut, adapula peran guru yang akan menumbuhkan ketrampilan tersebut pada siswa. Nah disini akan dijelaskan apa saja peran guru untuk menumbuhkan skill tersebut kepada mereka.

Baca juga : Wow! 3 Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Millenial Yang Membuat Kalian Open-Minded

peran guru dalam pembelajaran siswa
peran guru dalam pembelajaran siswa

Dirangkum dari kejarcita, Berikut skill yang diajarkan guru kepada siswa selain pelajaran di bidang akademik, yuk simak!

1. Membuat keputusan sendiri

Ketika dirumah, kebanyakan dari mereka melakukan aktivitas ataupun kegiatan tanpa memiliki keputusan sendiri. Semua bergantung pada orangtua mengatur mereka dalam kehidupan dirumah, seperti saat makan, tidur dan lain sebagainya. Dengan ini seiring perkembangannya, orangtua sebaiknya mulai membiasakan anak untuk terlibat dalam membuat sebuah keputusan.

Sedangkan di sekolah, peran seorang gurulah yang terpenting disini. Seorang guru yang baik adalah mereka yang memahami apa yang akan mereka ajarkan kepada peserta didik dan bagaimana pelajaran tersebut dapat bermanfaat bagi mereka kelak. Seperti di rumah, jika siswa tidak dapat memiliki keputusan sendiri maka disinilah sebaiknya apa yang diajarkan guru dapat membuat mereka bisa menentukan atau bahkan bisa membuat keputusannya sendiri. Misal seperti jika ada suatu pentas seni di sekolah, maka sebaiknya guru tawarkan kepada siswa apa peran yang akan mereka ambil, dari sini mereka akan memiliki keputusannya sendiri.

2. Dapat berpikir kritis

Skill selanjutnya adalah dapat berpikir kritis. Skill tersebut dapat dimiliki oleh anak apabila mereka dapat mengasahnya melalui proses pembelajaran. Disekolah guru sering sekali menanyakan pertanyaan kepada mereka mengenai materi yang sudah diajarkan. Nah hal tersebut bisa saja sebagai contoh untuk mereka berpikir kritis dengan pertanyaan-pertanyaan mendalam.

Contoh lain, ketika guru menanyakan apakah mereka belajar dirumah, maka jika mereka menjawab iya, tanyakan kembali apa yang telah mereka pelajari. Jika pertanyaan tersebut sudah dijawab, teruslah beri mereka pertanyaan yang mendalam hingga tuntas. Semakin banyak pertanyaan yang ditanyakan, akan menambah pengetahuan bagi mereka mengenai berpikir kritis. Selain itu, berikanlah mereka waktu untuk diskusi di kelas untuk menumbuhkan berpikir kritis tersebut dengan teman diskusinya, jadi tidak hanya diberikan materi saja namun anak bisa memberikan pendapatnya di kelompok diskusi tersebut.

3. Ketrampilan komunikasi

Komunikasi merupakan suatu skill yang memang harus di asah sejak dini, bahkan dari bayi mereka sudah diberi stimulus untuk belajar berkomunikasi walaupun dengan ocehan yang belum jelas. Ketrampilan komunikasi ini tidak hanya berguna untuk menyelesaikan persoalan anak, namun mereka dapat beradaptasi dengan baik di tengah beragam jenis masyarakat di lingkungan sekitar mereka.

Memiliki kecerdasan berkomunikasi dapat membuat siswa tumbuh dengan baik di lingkungannya. Skill tersebut membuat mereka dapat dengan mudah memiliki hubungan dan berinteraksi sosial dengan banyak orang. Ketrampilan ini juga dapat menjadi bekal mereka untuk karir di masa depan. Dengan ini, peran guru disekolah yang dapat mengembangkan ketrampilan tersebut harus diperhatikan, bisa dengan membuat banyak kegiatan yang erat kaitannya denganinteraktif dan komunikatif disekolah.

4. Manajemen waktu

Tidak dapat dihindarkan bahwa ketrampilan manajemen waktu saat ini sangat penting untuk kepentingan anak dalam kehidupan mereka. Bukan hanya peserta didik yang berlatih, guru juga akan semakin terasah dengan ketrampilan tersebut.

Seperti yang diajarkan di sekolah, masuk sekolah dengan tepat waktu, mengerjakan tugasnya, mengikuti kegiatan sekolah, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut, dapat membuat mereka mengerti pentingnya manajemen waktu. Terlebih jika itu semua memiliki konsekuensinya masing-masing, seperti apabila terlambat akan diberi sanksi yang mendidik. Dengan sanksi tersebut diharapkan dapat membuat mereka belajar dari kesalahan mereka, dan sebaiknya hindari sanksi kekerasan fisik maupun psikis. Sebaliknya apabila mereka mentaatinya berikan mereka sebuah apresiasi.

5. Toleransi

Skill ini penting diajarkan kepada peserta didik, karena di Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keberagaman, mulai dari budaya, agama, ras dan lainnya. Dengan ini, skill tersebut penting dan sangat diperlukan untuk kehidupan mereka kelak. Tanpa skill ini, anak bisa saja rasis kepada beberapa orang yang mungkin berbeda dengan dirinya. Sehingga akan menimbulkan pertikaian ataupun kekacauan di hidupnya.

Menumbuhkan sikap toleransi pada diri anak, guru bisa dengan memberikan contoh bagaimana indahnya keberagaman diantara mereka. Menjelaskan kepada mereka, jika perbedaan itu ada dan akan selalu ada dimanapun berada, itu semua bukan berarti kita tidak memiliki hak yang sama. Tekankan bahwa kita semua bersaudara dan sama.

Demikian skill yang harus diajarkan guru kepada siswa selain pembelajaran di bidang akademik. Sebenarnya tanpa disadari pun, peran guru dapat menumbuhkan beberapa skill lainnya pada diri peserta didik, tidak sebatas yang disebutkan diatas. Dengan ini, sebaiknya peran seorang guru semakin di tingkatkan lagi kualitasnya dan semakin terstruktur dalam pengajarannya sebagai upaya memaksimalkan pelajaran yang di dapatkan oleh peserta didik.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping