Blog

Trend 5 Strategi Marketing Efektif Untuk Mengembangkan Bisnis

strategi marketing
Business

Trend 5 Strategi Marketing Efektif Untuk Mengembangkan Bisnis

ilustrasi strategi marketing

Strategi marketing adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan barang atau jasa secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar secara berkesinambungan. Penyusunan rencana usaha secara menyeluruh dilandasi oleh strategi pemasaran.

Strategi marketing merupakan keseluruhan rencana pemasaran bisnis untuk menjangkau orang dan mengubahnya menjadi pelanggan untuk produk atau layanan yang disediakan. Strategi ini dalam suatu perusahaan berisi proposisi nilai perusahaan, cara pemasaran terbaik, informasi tentang sasaran pelanggan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan rencana pemasaran.

Di era digital seperti sekarang ini, strategi marketing menjadi semakin krusial karena terdapat beragam cara yang bisa dijalankan, baik secara online maupun offline.

Berikut lima strategi marketing yang efektif untuk mengembangkan usaha Anda!

1. Strategi Marketing Memanfaatkan Media Sosial

pemasaran melalui media sosial

Pemasaran melalui media sosial¬†adalah cara yang paling ampuh nih untuk bisnis digital dari semua ukuran untuk menjangkau pelanggan, karena hampir seluruh masyarakat menggunakan media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Menurut Hootsuite, dalam laporan “Digital Around The World 2019”, di Indonesia ada lebih 150 juta orang yang menggunakan media sosial dari total 268 juta penduduk. Pemasaran menggunakan media sosial merupakan cara terbaik untuk memasarkan bisnis secara online. Dengan menggunakan media sosial, dapat membangun nama brand, dan meningkatkan penjualan.

2. Strategi Marketing Pemasaran Konten

ilustrasi pembuatan konten. sumber: duniafintech.com

Strategi yang kedua adalah pemasaran konten. Pemasaran konten merupakan suatu strategi pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan, dan konsisten. Pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan konten sebagai sarana atau alat untuk melakukan pemasaran tersebut. Konten yang digunakan tentunya konten yang akan memiliki tujuan promosi atau memasarkan produk dan jasa dari sebuah website tersebut. Konten sangat penting dalam dunia marketing, terutama dalam bisnis online.

3. Influencer Marketing

ilustrasi influencer marketing. sumber: storelogy.com

Strategi marketing yang ketiga adalah Influencer marketing. Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang menggabungkan cara trandisional dengan modern melalui tokoh terkenal atau selebriti. Terdapat dua jenis influencer, yaitu micro influencer dan macro influencer. Perbedaan yang paling signifikannya, yaitu micro influencer memiliki tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi daripada macro influencer. Strategi influencer marketing ini dikemas lebih modern dengan memanfaatkan platform online, serta mampu membuka peluang lebih luas untuk kolaborasi antar bidang. Influencer marketing menjadi salah satu strategi yang penting juga untuk memasarkan pemasaran online.

4. Email Marketing

ilustrasi email marketing. sumber: merchant.id

Strategi marketing selanjutnya adalah email marketing. Email marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia. Email marketing untuk memasarkan produk-produk yang akan dipasarkan. Email marketing biasanya berisi iklan, promosi bisnis, dan hal-hal yang berhubungan dengan bisnis. Email marketing menjadi sangat penting karena sangat mudah untuk menanggapi dari pelanggan yang berminat terhadap produk yang dipasarkan.

5. Blog dan SEO

ilustrasi blog

Blog merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat penting untuk optimasi mesin pencari. Proses optimasi mesin pencari bisa dilakukan ketika sudah memiliki website bisnis usaha. SEO merupakan suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog yang berada halaman utama Search Engine Result Page dan potensial sesuai dengan keyboard yang ditentukan. Blog dan SEO marketing adalah salah satu strategi marketing zaman digital yang dengan menggunakan blog sebagai media utama.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping