Blog

Super Cool! 8 Strategi Pemasaran yang Efektif Melalui Digital Marketing

carlos-muza-hpjSkU2UYSU-unsplash
Business

Super Cool! 8 Strategi Pemasaran yang Efektif Melalui Digital Marketing

Strategi Pemasaran yang Efektif Melalui Digital Marketing
Digital marketing sebagai strategi pemasaran masa kini

Strategi pemasaran secara digital adalah salah satu bagian strategi di bidang bisnis yang dipadukan dengan kemajuan teknologi digital, khususnya kemajuan pada teknologi internet. Tujuan dari strategi ini adalah tidak lain untuk menjangkau penjualan suatu produk atau brand secara cepat dengan bantuan teknologi digital. Mengingat bahwa kemajuan teknologi semakin maju dan menyentuh banyak aspek di kehidupan masyarakat, membuat banyak perusahaan mulai berlomba-lomba untuk menjadikan cara ini sebagai salah satu strategi dari pemasaran mereka.

Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam memanfaatkan strategi pemasaran ini adalah dengan menciptakan konten-konten yang dapat menarik perhatian banyak masyarakat luas terkait produk atau brand yang dipasarkan. Selain sebagai salah satu strategi yang cukup efektif untuk menarik pelanggan dengan cepat, ada pula beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari digital marketing dibanding dengan cara yang konvensional, diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat digital marketing

Mudah dalam mengevaluasi

Salah satu manfaat dari kemajuan teknologi digital adalah mampu memberikan banyak kemudahan bagi kita dalam mendapatkan data secara jelas dalam waktu yang cepat. Manfaat dari kemajuan tersebut dapat dijadikan sebagai evaluasi bagi perusahaan terkait produk atau brand yang dipasarkan. Seperti contohnya pada pemasaran di media sosial. Perusahaan dapat melihat bagaimana respons masayarakat terkait produk yang ditawarkan melalui jumlah likes, lama tayangan, atau berapa banyak orang yang melihat konten yang disajikan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui menarik atau tidaknya produk melalui informasi yang tertampil.

Murah dan efektif

Jika beberapa waktu lalu banyak perusahaan yang memasarkan produknya melalui media cetak agar visual dari produk yang dipasarkan dapat terpampang dengan jelas, maka berbeda dengan strategi digital marketing yang gencar dilakukan sekarang. Melalui strategi yang lebih modern ini, perusahaan dapat menghemat banyak anggaran pemasaran. Selain itu, strategi ini juga dikatakan efektif karena kemajuan teknologi dapat memasarkan langsung suatu produk atau brand yang dipasarkan langsung pada target pasar yang telah disesuaikan.

Dapat membentuk branding perusahaan

Branding sangat penting bagi suatu perusahaan. Branding bisa dikatakan sebagai salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan agar diingat oleh masayrakat. Menurut Dreambox, randing adalah praktik pemasaran di mana perusahaan menciptakan nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik suatu bisnis atau perusahaan. Branding yang dimiliki oleh perusahaan dapat menjadi pembeda dari perusahaan kompetitor lain yang sejenis.

Melalui digital marketing, suatu perusahaan dapat memasarkan sekaligus membentuk brandnya sendiri agar mudah diingat oleh masyarakat. Selain logo, jargon ata tagline, branding dapat dibentuk dengan melalui konten-konten yang dibuat oleh perusahaan tersebut terkait informasi produk, iklan, dan layanan bagi pelanggan yang profesional, unik dan menarik. Dengan begitu, suatu brand mampu bersaing dan mendapat perhatian di masyarakat.

Seperti yang kita tahu, bahwa perbedaan strategi pemasaran digital dengan pemasaan konvensional salah satunya adalah terletak pada media yang digunakan. Apabila pada pemasaran konvensional masih menggunakan pemasaran langsung turun ke jalanan dengan atau menggunakan media cetak, maka berbeda dengan pemasaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Mungkin, beberapa orang hanya tahu jika pemasaran digital hanya dilakukan pada media sosial, padahal ada beberapa media yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran secara digital. Berikut adalah jenis-jenismedia yang dapat digunakan untuk pemasaran digital.

Baca juga: 6 Certain Type of Digital Campaign untuk Bisnis Digital Marketing

Jenis-jenis strategi pemasaran digital

Website

Website sebagai salah satu media digital marketing

Website sebuah perusahaan dapat digunakan sebagai tempat yang memperkenalkan profil perusahaan secara detail. Website juga dapat digunakan untuk customer dalam mencari informasi terkait produk atau promosi. Promosi yang dipasang di website merupakan salah satu bentuk dari digital marketing yang murah dan mudah. Pada website juga biasanya pelanggan dapat membeli produk yang dipromosikan, sehingga hal ini sangat berguna untuk menambah profit perusahaan dan meningkatkan penjualan produk.

Perusahaan dapat menggunakan jasa perusahaan lain yang bergerak dalam pengembangan website, agar website yang mereka miliki dapat lebih menarik dan disukai pelangan. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang dalam pengembangan website dan digital marketing lainnya adalah Bootsol. Bootsol menyediakan jasa dibidang pengembangan dan desain web, mobile apps, SEO dan sosial media. Jasa-jasa tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki.

Email Advertising

Email Advertising membuat promosi tertuju langsung pada target pasar

Melalui email advertising, perusahaan dapat mengirimkan penawaran-penawaran yang menarik langsung pada beberapa pengguna email yang dituju dengan waktu yang bersamaan sekaligus. Jika dilihat pada prinsipnya, jenis pemaran ini sama dengan pemasaran konvensional yang menawarkan promosi barang langsung pada masyarakat. Bedanya, pada jenis email advertising pihak perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk memasarkan produknya.

Search Engine Marketing

Buat produk yang dipasarkan menjadi di posisi teratas dengan teknik Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah salah satu usaha perusahaan agar produk mereka dapat tertampil pada mesin pencarian yang dilakukan calon customer. Ada beberapa jenis Search Engine Marketing yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk jenis digital marketing ini, diantaranya adalah Search Engine Optimazion (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO lebih memakan banyak waktu dan memakan biaya yang lebih murah, sedangkan SEM memakan lebih banyak anggaran, tetapi lebih cepat dalam proses pengerjaanya.

Social Media Marketing

Sosial media menjadi tempat yang efektif untuk memasarkan produk dengan konten yang menarik

Media pemasaran ini mungkin paling terkenal dibanding media lain. Biasanya kita dapat menemukan pemasaran di jejaring media sosial seperti Instagram, Twitter atau Facebook. Media ini dapat digunakan oleh perusahaan dengan harga yang rlatif murah atau bahkan gratis. Pada waktu yang bersamaan, perusahaan juga dapat memanfaatkan pemasaran di media sosial sebagai ajang branding perusahaan pada masyarakat.

Media-media di atas adalah media yang sering digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan bisnisnya secara digital. Selain efektif, beberapa dari media-media tersebut juga lebih murah dan tidak terlalu memakan banyak waktu dibanding pemasaran secara konvensional. Agar pemasaran secara digital pada media-media tersebut dapat maksimal, ada beberapa strategi digital marketing yang perlu diketahui, berikut stratgei-strategi digital matkerting beserta penjelasannya.

Content Marketing

Content marketing untuk merencanakan konten-konten yang menarik minat pelanggan

Strategi ini bertujuan untuk melakukan perencanaan dan pembuatan konten yang menarik tentang perusahaan untuk di berbagai media pemasaran. Perencanaan konten berguna agar perusahaan dapat merencanakan konten-konten apa saja yang dibuat dapat menarik banyak perhatian masyarakat yang berpoteni untuk menjadi calon pembeli dari produk atau brand yang dipasarkan.

Pay-per-click

Pay-per-click membuat website perusahaan berada di slot paling atas pencarian

Strategi pemasaran jenis ini adalah strategi yang betujuan untuk menaikan traffic situs website dengan bayaran di setiap kliknya. Contohnya adalah dengan membayar pada Google Ads agar web kita dapat tertapil pada slot paing atas pencarian. Tidak hanya pada Google Ads, kita juga bisa membayar pada aplikasi-aplikasi tertentu seperti Instagram Ads, Facbook Ads atau Linkedin Support.

Native Advertising

Native Advertising dapat mempromosikan produk atau brand secara halus

Native Advertising adalah konten berbayar yang biasanya dibentuk dalam bentuk artikel, infografis, video, atau konten menarik lainnya. Konten yang dipromosikan dapat menjangkau banyak audiens tanpa diketahui oleh audiens itu sendiri. Hal ini karena cara kerja native adveritising ini ditampilkan dengan bentuk, fungsi dan kualitas yang sama ditempat di mana iklan itu ditempatkan.

Affiliate Marketing

Endorsement membuat produk terjual dengan cepat melalui bantuan pihak lain.

Beberapa dari kita mungkin pernah mendegar istilah endorsement atau paid promote di sosial media. Cara-cara tersebut merupakan salah satu bentuk dari affiliate marketing. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang dapat digunakan menyampaikan produk atau brand yang dipasarkan pada masyarakat menggunakan bantuan pihak lain. Selain endoresement dan paid promote, cara ini juga basanya kerap ditemukan di aplikasi media sosial lain seperti TikTok. Biasanya, beberapa creator membuat ulasan-ulasan yang menarik terkait suatu produk dan mencantumkan link pembelian agar mudah bagi audiens untuk menajangkau dan membeli produk yang ditawarkan.

Itulah beberapa manfaat dan strategi pemasaran digital yang dapat membantu perkembangan dari bisnis yang sedang dijalani. Beberapa startegi di atas terbukti lebih efisien dibandingkan dengan startegi konvensional. Semoga bermanfaat.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping