Blog

Lucrative! 3 Alasan Strategi Digital Marketing Sebagai Tren Pemasaran Serta Tahapan Rancangan

merakist-jyoSxjUE22g-unsplash (1)
Business HR and L&D

Lucrative! 3 Alasan Strategi Digital Marketing Sebagai Tren Pemasaran Serta Tahapan Rancangan

Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan. Penggunaan teknologi juga memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Adanya perkembangan teknologi juga mempengaruhi tingkat penggunaan internet di Indonesia. Dikutip dari kompas.com data pengguna internet di Indonesia mencapai angka 202,6 juta jiwa.

Pada bidang perdagangan manfaat perkembangan teknologi digunakan sebagai media pemasaran serta transaksi jual beli. Penggunaan strategi digital marketing sebagai tren pemasaran adalah bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi pada bidang ekonomi khusus perdagangan. Sudah sangat familiar bahwa strategi tren pemasaran di era disrupsi menggunakan digital marketing. Penggunaan digital marketing karena tren hidup yang serba digital ini membuat perilaku konsumen berubah. Perubahan tersebut ditandai dengan menggeser perilaku conventional shop menjadi online shop.

Penerapan digital marketing tidak lepas dari kemudahan yang diberikan internet memberikan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat serta luasnya jangkauan internet. Tidak hanya itu, dengan internet masyarakat dapat melakukan transaksi secara online. Dengan kata lain masyarakat sebagai konsumen memanfaatkan kemudahan internet untuk memenuhi kebutuhan hidup serat  juga gaya hidup.

Setiap perusahaan tentu ingin mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan pada awal perusahaan dibangun. Salah satu yang dapat dilakukan perusahaan adalah  strategi pemasaran. Penerapan strategi digital marketing dilakukan melalui website, blog, youtube, instagram serta media sosial lainnya.

Alasan Strategi Digital Marketing Sebagai Tren Pemasaran

1. Pemasaran Cepat

Tren pemasaran menggunakan platform e-commerce merupakan salah satu strategi digital marketing
Tren pemasaran menggunakan platform e-commerce merupakan salah satu strategi digital marketing

Pemasaran yang dilakukan akan sampai kepada konsumen dengan cepat tanpa harus menemui pelanggan. Salah satu contoh yang dapat dilihat yaitu munculnya iklan suatu dari  e-commerce¬≠ di media sosial. Cepatnya proses pemasaran membuat bisnis Anda tidak tertinggal.Pengaruh internet sangat besar terhadap pemasaran, karena pemasaran dapat dilakukan dengan cepat. Tidak hanya itu, untuk mengetahui bagaimana pendapat pelanggan atau konsumen terhadap produk tidak membutuhkan waktu yang lama.

Memanfaatkan teknologi membuat informasi dari suatu bisnis lebih cepat sampai kepada konsumen. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pelaku bisnis atau suatu perusahaan menerapkan pemasaran berbasis digital.

2. Jangkauan Pasar dan Konsumen Lebih Luas

Adanya internet mampu untuk memperluas jangkauan pasar serta konsumen, karena pemasaran yang dilakukan menjangkau seluruh pengguna internet. Jangkauan pasar dan konsumen tidak hanya pada daerah lokal, tetapi sampai pada level internasional. Strategi digital marketing membantu Anda untuk mengenal konsumen. Luasnya jangkauan pasar mampu meningkatkan jumlah konsumen. Meningkatnya jumlah konsumen akan berpengaruh terhadap tingkat jumlah penjualan dan pendapat perusahaan. Data dari Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa setiap tahunnya pengguna internet semakin meningkat

Data presentasi usia penduduk yang mengkases internet tahun 2018-2020 (Sumber: bps.go.id)

3. Kemudahan Melakukan Evaluasi

Seperti yang diketahui bahwa pada platform e-commerce banyak yang menjual produk yang sama atau menggunakan iklan yang sama. Namun, jumlah penjualannya berbeda. Penggunaan strategi digital marketing dapat membantu perusahaan (toko) melakukan evaluasi terhadap masalah-masalah tersebut. Perusahaan juga dapat melakukan evaluasi terhadap iklan yang pemasaran serta minat konsumen terhadap produk yang dijual.

Ilustrasi data evaluasi penerapan strategi digital marketing
Ilustrasi data evaluasi penerapan strategi digital marketing

Aspek yang tidak kalah pentinf dari tren pemasaran digital marketing adalah kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan menentukan image perusahaan (toko) dan kelayakan produk. Adanya penilaian atau review dari konsumen membantu perusahaan melakukan evaluasi.

Baca juga: Intriguing! Perkembang E-Commerce Di Indonesia serta 5 Faktor dan Manfaatnya

Seiring terjadinya perubahan dan perkembangan teknologi membuat bisnis semakin meningkat terutama situs online. Hal ini bisa terjadi karena kemampuan perusahaan beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta penggunaan dan penerapan strategi pemasaran yang tepat. Ketidak mampuan perusahaan atau pengusaha untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen, maka perusahaan akan tertinggal.

Tahapan Strategi Digital Marketing

Berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam menyusun rancangan strategi digital marketing, yaitu:

  1. Situation Analysis (Analisis Situasi)

Tahap pertama dalam membangun sebuah usaha perusahaan tentu harus melakukan analisis terlebih dahulu.  Analisis yang dilakukan berupa analisis situasi yang menggunakan teknik analisis SWOT. Tujuan ini yaitu untuk menganalisis strength (kekuatan), weakness (peluang), opportunities (kelemahan), dan threats (ancaman).  

Perusahaan diharapkan mampu meningkatan kekuatan, memaksimalkan peluang, mengurangi kelemahan, serta menghindari  ancaman dimasa mendatang. Analisis SWOT membantu perusahaan untuk menentukan strategi perusahaan serta citra perusahaan. 

  1. Strategic Planning (Strategi Perencanaan)

Bisnis yang berbasis elektronik tidak bisa lepas dari yang namanya digital marketing. Perusahaan semakin dekat dengan konsumen, jangkauan pasar yang luas, dan meningkatkatkan penjualan. Pada tahap ini perusahaan melakukan analisis peluang pasar yang disebut Market Opportunity Analysis (MOA). Market Opportunity Analysis membantu perusahaan meningkatkan konsumen serta penjualan.

  1. Objectives (Tujuan)

Tujuan digital marketing berorientasi pada tugas, kuantitas dan waktu. Tugas mencakup apa yang akan dicapai, kuantitas yaitu seberapa banyak dan Time frame yaitu kapan. Tujuan digital marketing bukan hanya menginginkan pemasaran cepat sampai kepada konsumen. Tetapi, juga mempertimbangkan biaya, meningkatkan kesadaran merek, minat dan riview konsumen, database, hubungan dengan konsumen, serta manajemen.

  1. Implementation Plan (Rencana Pelaksanaan)

Tahap ini proses dimana  agar tujuan tercapai. Perusahaan yang berperan sebagai distributor memilih bauran pemasaran , strategi manajemen dan strategi lain, serta menyusun rencana pelaksanaan.  Tidak hanya itu, struktur departemen, staff, layanan aplikasi, serta faktor eksternal seperti tingkat sosial dan ekonomi, serta budaya konsumen harus diperhatikan.

  1. Budget (anggaran)

Anggaran merupakan aspek penting dalam membangun sebuah usaha karena anggaran menjadi faktor penentu bagaimana usaha akan berjalan. Dalam proses bisnis berlangsung agar informasi anggaran dapat dipertanggungjawabkan, perlu memperhitungkan perkiraan pendapatan (revenue forecast), manfaat tidak berwujud (intangible benefits), penghematan biaya (cost savings), dan biaya e-marketing (e- marketing costs).

  1. Evaluation Plan (Rencana Evaluasi)

Evaluasi tetap terus dilakukan dalam proses implementasi perencanaan karena keberhasilan tergantung dari evaluasi yang dilakukan.  Perusahaan dapat menggunakan balanced scorecard untuk menentukan apakah program digital marketing cocok atau tidak dengan objektif perusahaan.

Baca juga: Pengaruh Belajar Digital Marketing dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping