Blog

Easy ! 4 Tips hidup sehat dengan motivasi diri berolahraga di tengah pandemi

Motivasi diri hidup sehat dan olahraga
Video & Tips Kesehatan

Easy ! 4 Tips hidup sehat dengan motivasi diri berolahraga di tengah pandemi

Menjalankan gaya hidup sehat di masa sekarang merupakan suatu hal yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh untuk dapat terus beraktivitas di tengah wabah virus yang sedang melanda dunia. Segala cara akan dilakukan individu untuk bisa bertahan di tengah pandemi dengan tetap menjalankan kegiatan yang positif. Cara-cara tersebut bisa berupa dari makan-makanan yang bergizi, gaya hidup yang sehat, ataupun bisa dengan olahraga yang teratur.

Untuk menjalankan gaya hidup sehat, masih banyak masyarakat yang tidak tertarik untuk menjalankannya, mereka berasumsi bahwa gaya hidup sehat ini akan banyak mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Padahal jika ditelusuri gaya hidup yang sehat bukan melulu meghabiskan biaya. Dilansir dari halodoc, untuk meningkatkan gaya hidup sehat ialah dengan cara berusaha untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang lebih baik yaitu dengan menyisihkan waktu untuk makan, menggunakan waktu untuk isitirahat yang optimal, dan memperbaiki kualitas tidur dengan cukup. Meskipun demikian tidak mudah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, terlebih jika sebelumnya gaya hidup yang telah diterapkan tidak teratur.

Baca juga : Super Simple, 5 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa

Memang akan ada banyak kendala untuk menerapkan gaya hidup sehat tersebut, salah satunya ialah rasa malas yang akan muncul di kemudian hari. Dengan demikian, dibutuhkan niat dan motivasi yang sungguh-sungguh dari diri sendiri untuk berubah lebih baik. Berikut ada 5 tips hidup sehat yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan gaya hidup sehat
Istirahat yang cukup dapat meningkatkan gaya hidup sehat

Ditengah situasi pandemi seperti saat ini, istirahat yang cukup sangat penting dilakukan oleh individu untuk menjaga kualitas tubuh agar tetap bisa menjalankan aktivitas di tengah situasi yang serba dilakukan di dalam rumah. Jika tubuh kurang beristirahat yang cukup, terlebih dengan segala aktivitas padat, maka kemungkinan akan terkena penyakit lebih besar. Maka jika anda menerapkan istirahat yang cukup setiap harinya, berarti anda sudah menerapkan gaya hidup sehat untuk terhindar dari segala penyakit.

2. Makan-makanan yang bergizi

makanan bergizi meningkatkan gaya hidup sehat
Makanan yang bergizi

Selain itu, gaya hidup yang sehat juga dilihat dari bagaimana asupan makanan yang anda makan setiap harinya. Berbagai macam makanan yang dibutuhkan bagi tubuh di tengah pandemi seperti saat ini ialah karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Anda juga sebaiknya menghindari makanan tidak bergizi seperti makanan berlemak tinggi yang akan menimbun kolessterol di pembuluh darah, sehingga akan menimbulkan berbagai penyakit kronis. Selain itu, minum air putih juga sangat penting untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Menurut hallosehat Idealnya untuk tubuh minum air sebaiknya sebanyak kurang lebih 8 gelas atau dirasa tubuh anda sudah cukup terhidrasi.

3. Biasakan hidup bersih

Hidup bersih

Menjaga kebersihan termasuk gaya hidup sehat. Selain kenyamanan dan kesehatan, kebersihan juga bisa membuat Anda merasa senang saat memulai aktivitas. Jangan lupa sering-sering cuci tangan dan perhatikan kebersihan tangan. Karena dalam aktivitas sehari-hari Anda tentunya akan banyak memegang benda atau barang yang diketahui najis. Terlebih di tengah situasi seperti sekarang ini, virus sedang banyak berkembang, maka jika tidak dibiasakan hidup bersih sedini mungkin akan menimbulkan banyak permasalahan kesehatan kedepannya.

4. Rajin olahraga

Rajin berolahraga

Meluangkan waktu untuk berolahraga merupakan salah satu cara gaya hidup sehat. Karena olahraga membuat tubuh lebih fit dan sehat. Olahraga dapat mengeluarkan racun dari tubuh, yang dikeluarkan melalui keringat. Jika Anda tidak berolahraga, mempertahankan gaya hidup sehat tidak lengkap.

Namun masih banyak masyarakat kita yang lalai untuk berolahraga seacara rutin. Bahkan sebagian dari mereka yang sengaja tidak berolahraga karena dianggap hanya mengeluarkan biaya. Mereka beranggapan olahraga yang baik hanya di tempat gym atau tempat latihan olahraga lainnya. Padahal, nyatanya olahraga yang baik bisa dari mana saja dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Selagi tubuh kita memiliki niat dan semangat untuk berubah gaya hidup yang sehat. Maka asumsi-asumsi yang mungkin akan menghambat niat untuk olahraga tidak terlalu berpengaruh. Justru harus ada motivasi diri dari diri kita sendiri untuk merubah kebiasaan malas berolaharaga tersebut.

Beberapa dari mereka juga masih bertanya dari mana memulai untuk membiasakan diri berolahraga secara rutin. Dirangkum dari hallosehat, berikut ada beberapa cara yang dapat meningkatkan motivasi diri anda untuk kemabli berolahraga dengan lebih baik

1. Tetapkan tujuan

Tetapkan tujuan untuk motivasi diri
Tetapkan tujuan untuk motivasi diri

Untuk menjaga motivasi diri anda dari mengendur, silakan menetapkan tujuan awal. Misalnya, anda ingin menurunkan 5 kilogram dan targetnya adalah menyelesaikannya dalam 1 bulan. Namun terkadang beberapa dari mereka yang menerapkan target ketat, biasanya akan mati-matian untuk mencapai target tersebut dengan segala cara, termasuk dengan memaksakan diri.

Sayangnya, latihan dengan memaksakan diri seperti ini hanya akan membuat anda kurang termotivasi untuk berolahraga. Ini karena tubuh tidak lelah, tetapi hanya lelah.

Maka disarankan untuk menetapkan tujuan yang lebih masuk akal dalam kapasitas anda, seperti berolahraga 2-3 kali seminggu selama 20-30 menit setiap kali. Anda juga dapat memberi diri Anda waktu yang wajar untuk menurunkan 10 kg dan tetap sehat dalam waktu 3 hingga 4 bulan.

2. Fokus terhadap diri sendiri

Fokus motivasi diri
Fokus

Jika sedang berolahraga, akan ada saatnya anda melihat oranglain berolahraga lebih baik dari anda sehingga ini membuat anda menjadi turun semangat. Seorang tokoh mengatakan jika ingin memaksimalkan motivasi diri pada olahraga maka jangan sekali-kali untuk membandingkan olahraga anda dengan orang lain. Jangan membiarkan hal tersebut menghalangi usaha anda yang sudah anda lakukan sejauh ini. Fokus saja pada tujuan dan kemajuan untuk diri anda sendiri tentu dengan motivasi diri yang selalu anda tegakkan.

3. Lakukan olahraga yang menyenangkan

Motivasi diri dengan olahraga yang menyenangkan

Jika anda bukan individu yang menyukai hal terkait olahraga, untuk meminimalisir adanya tekanan jika harus olahraga maka lakukanlah olahraga yang membuat anda merasa senang melakukannya. Motivasi diri anda akan luntur apabila anda melakukan olahraga secara terpaksa dan membosankan. Maka perlunya untuk mengetahui olahraga seperti apa yang akan anda senangi jika dilakukan. Bisa olahraga sendiri ataupun olahraga bersama teman atau tim yang akan emmbuat anda semakin semangat.

4. Berikan hadiah pada diri sendiri

Berikan reward pada diri sendiri

Jika sebelumnya anda memotivasi diri dengan membuat target, maka jika target tersebut sudah terlaksana jangan lupa untuk memberikan hadiah untuk diri anda sendiri sebagai reward bahwa anda berhasil mencapai target tersebut. Pikirkan hadiah seperti apa yang akan anda dapatkan untuk memotivasi olahraga anda. Hadiah ini dapat berupa apa saja yang anda sukai, dapat berupa barang, suatu hal kegiatan, ataupun apapun yang bisa membuat anda senang.

Demikian cara untuk motivasi diri untuk olahraga sebagai bagian dari tips meningkatkan gaya hidup sehat di tengah pandemi yang dapat anda lakukan, tentunya di rumah saja. Pandemi ini belum usai dan tidak ada yang tau kapan akan selesai. Maka sebaiknya kita dapat menjaga sebaik-baiknya diri yang kita punya sebagai upaya untuk bertahan hidup di tengah pandemi seperti ini.

Selebihnya, lakukan hal-hal yang membuat anda senang dan dapat meningkatkan imun tubuh sehingga ini bisa menjadi cara yang efektif untuk terhidar dari berbagai macam penyakit yang sedang melanda. Jagalah diri kita terlebih dahulu sebelum kita menjaga orang lain, karena tidak akan ada yang menjaga kesehatan kita jika bukan diri kita sendiri.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping