Blog

4 Best Tips Membangun Motivasi untuk Diri Sendiri Agar Lebih Percaya Diri

membangun motivasi diri sendiri
Video & Tips

4 Best Tips Membangun Motivasi untuk Diri Sendiri Agar Lebih Percaya Diri

ilustrasi percaya diri

Membangun motivasi diri sendiri adalah cara terbaik untuk menghadapi hambatan dalam hidup. Sebab, akan ada fase dalam kehidupan Anda di mana Anda akan menemukan diri Anda terjebak dan tidak bisa menghindari situasi yang tidak mengenakkan. Motivasi itu penting untuk membangun rasa percaya diri. Sebelum mengharapkannya dari orang lain, terlebih Anda harus memotivasi diri Anda sendiri. Usahakan untuk memberikan nilai-nilai positif pada setiap hal yang ada di benak Anda. Dengan demikian, rasa percaya diri Anda akan meningkat.

Dilansir dari nytimes.com kepercayaan diri tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik, tapi juga membantu Anda untuk berani mengambil risiko yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Sebaliknya, jika Anda kurang percaya diri, maka akan banyak ditemukan keraguan yang akan membua Anda takut untuk mengambil risiko.

Tips membangun motivasi untuk diri sendiri agar lebih percaya diri

1. Lakukan Afirmasi diri

membangun motivasi diri
ilustrasi sedang merasa bahagia

Membangun motivasi diri agar lebih percaya diri yang pertama adalah afirmasi diri. Afirmasi diri atau kata-kata motivasi yang Anda berikan untuk diri sendiri memiliki pengaruh yang sangat besar. Saat Anda merasa tidak mampu mengerjakan sesuatu, sedang melewati masalah yang cukup sulit dan membutuhkan motivasi untuk bangkit. Hal yang perlu dillakukan adalah intropeksi  untuk mencari tahu mengapa perasaan itu muncul, kemudian katakan kepada diri Anda bahwa Anda bisa. Dengan begitu, pikiran negatif Anda akan sedikit demi sedikit tergantikan dengan kalimat positif yang lebih bisa membantu untuk keluar dari kondisi sulit dan membuat kamu lebih merasa tenang dan bahagia.

2. Berhenti membandingan diri sendiri dengan orang lain

ilustrasi sedang menbandingan diri sendiri dengan orang lain

Membangun motivasi diri yang kedua adalah berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain bukanlah hal yang baik.  Jika segala pikiran negatif dibiarkan terus menerus, Anda akan semakin merasa tidak layak dan kecewa pada diri sendiri. Maka, yakini dalam diri Anda bahwa hidup bukanlah sebuah kompetisi yang harus Anda menangkan. Apabila sewaktu-waktu rasa iri atau minder terbesit di benak Anda, ingatkan diri sendiri bahwa hal tersebut merupakan perilaku yang sia-sia. Setiap manusia diciptakan berbeda-beda, memiliki cara yang berbeda-beda untuk mencapai tujuannya masing-masing, dan mendapatkan hasil yang beragam sesuai kemampuannya.

3. Tanamkan Mindfulness dalam diri

ilustrasi sedang melakukan mindfulness atau meditasi

Membangun motivasi diri yang ketiga adalah tanamkan mindfulness dalam diri. Mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara terbuka. Mindfulness berbeda dengan meditasi lainnya yang berlatih mengosongkan pikiran, mindfulness membuat Anda tetap fokus dengan satu hal. Mindfulness juga membuat Anda merasakan berbagai emosi tanpa penilaian atau interpretasi apapun.

4. Memperlakukan diri dengan baik

ilustrasi merasa bangga terhadap diri sendiri

Membangun motivasi diri yang keempat adalah memperlakukan diri dengan baik. Memperlakukan diri dengan baik menjadi salah satu cara agar percaya diri. Memuji atau memberikan reward terhadap diri sendiri saat berhasil melakukan sesuatu dapat memberikan dampak yang positif. Begitu pun dengan memaafkan diri sendiri jika melakukan kesalahan. Hal tersebut merupakan pembelajaran yang membantu Anda tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Memperlakukan diri dengan baik juga berarti Anda menghormati diri Anda sendiri.

Baca Juga: Amazing! Ini Dia 5 Buku Bacaan untuk Menambah Motivasi Hidup yang Wajib Kamu Baca!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping