Blog

Super Simple, 5 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa

javier-trueba-iQPr1XkF5F0-unsplash (1)
Video & Tips

Super Simple, 5 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa

Seorang mahasiswa untuk meningkatkan motivasi belajar, dan untuk meraih kesuksesan dibutuhkan semangat belajar untuk meraih prestasi. Namun, terkadang masih banyak mahasiswa yang mempunyai perasaan fluktuatif, terkadang sangat rajin sekali belajar di saat yang lain timbul kemalasan. Terlebih di masa pandemi ini, adanya keterbatasan di berbagai kegiatan yang mengakibatkan terhambatnya kegiatan-kegiatan yang akan dikerjakan. Oleh karena itu, untuk menjaga semangat untuk selalu belajar dibutuhkan motivasi untuk meningkatkan motivasi belajar.

Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Dengan pengertian ini, dapat dikatakan bahwa motivasi adalah sesuatu yang kompleks. Pujadi dalam bukunya yang berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa menjelaskan bahwa motivasi belajar adalah suatu keadaan dalam diri yang mendorong dan mengarahkan prilaku kepada tujuan yang ingin dicapai dalam mengikuti pendidikan tinggi. Mahasiswa terdorong untuk menguasai bahan pelajaran dengan baik, bukan hanya sekedar untuk lulus meski dengan nilai baik sekalipun.

Baca juga: The Importance Of Intrinsic Motivation for Students

Berikut 5 tips untuk meningkatkan motivasi belajar bagi mahasiswa, Mari kita simak bersama!

1. Memiliki Tujuan Belajar

ilustrasi mahasiswa

Cara pertama untuk meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa yang harus anda lakukan adalah memiliki tujuan belajar. Tujuan mahasiswa belajar yaitu untuk mencari ilmu, menambah wawasan, memperluas pengetahuan dan pastinya agar cepat lulus. Ada berbagai macam mata kuliah materi kuliah yang dapat menambah ilmu. Bagi setiap mahasiswa dan pelajar, memiliki tujuan belajar sangat penting, karena akan meningkatkan semangat belajar. Dengan memiliki tujuan belajar, anda bisa termotivasi untuk melakukannya.

2. Buat target yang akan dicapai

ilustrasi pembuatan target

Target sangat penting untuk direncanakan. Dengan menulis sebuah target yang akan dicapai di sebuah kertas kecil setelah itu ditempel di tempat yang mudah terlihat. Karena, dengan melakukan cara seperti ini, anda akan memiliki dorongan yang besar untuk mendapatkan sebuah keberhasilan.

3. Membuat Agenda Belajar

motivasi belajar
ilustrasi pembuatan agenda belajar

Membuat agenda belajar dapat membuat anda lebih mudah menentukan kapan harus belajar, kapan harus melakukan hal lain, seperti berkumpul dengan keluarga, bermain. Membuat agenda penting, karena tanpa ada pembagian waktu dan kegiatan yang jelas, kita akan cenderung lebih santai, dan melalaikan waktu kita untuk belajar.

4. Membuat Kelompok Belajar

motivasi belajar
ilustrasi belajar kelompok

Belajar secara berkelompok akan mendukung dan membuat semangat anda kembali ketika sedang turun, saat sedang malas-malasnya. Dorongan dari teman-teman sekelompok saat belajar kelompok membuat anda lebih memiliki motivasi belajar dibandingkan dengan belajar sendirian.

5. Berikan Penghargaan untuk Diri Sendiri

ilustrasi penghargaan untuk diri sendiri

Dengan memberikan penghargaan untuk diri sendiri, anda telah memulai langkah kecil untuk selalu mencintai diri sendiri. Penghargaan diri akan memacu diri untuk terus memberikan yang terbaik. Karena anda sudah bekerja keras, akan mendapatkan perhargaan yang terbaik. Penghargaan diri akan menjadi memberikan penyemangat untuk diri anda. Anda akan semakin termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik.

Itulah 5 tips meningkatkan motivasi belajar bagi mahasiswa.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping