Blog

7 Advantage Belajar Musik Untuk Kehidupan Kalian

belajar musik
Pengembangan diri

7 Advantage Belajar Musik Untuk Kehidupan Kalian

Apakah kalian ingin bermain musik? Maka mulailah belajar musik karena dengan bermain musik akan mendapatkan manfaat yang bagus untuk kalian. Nah, pada kesempatan kali ini Eny Kusrini akan memberi tahu kalian apa saja sih manfaat jika kita belajar musik? Tapi sebelum itu Eny Kusrini akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu musik.

Musik merupakan simfoni kehidupan, menjadi bagian seni yang mewarnai kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi. Tanpa musik dunia sepi, hampa dan monoton karena musik mampu mencairkan suasana, merelaksasi hati serta menstimulasi pikiran manusia sebagai pemeran cerita kehidupan.

Musik tak sekedar memberikan efek hiburan, tetapi mampu memberikan makna untuk membangkitkan gairah dan spirit hidup untuk memberdayakan dan memaknai hidup. Mendengarkan musik, menghayati dan menikmatinya merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat kita nyaman.

Selain itu juga musik dapat mempengaruhi emosi kita. Ketika kita mendengarnya, kita bisa merasa senang, sedih, tenang bahkan bersemangat. Lebih baik lagi kalau kamu bisa memainkan salah satu alat musik. Contohnya seperti piano, gitar, harmonika, biola atau yang lainnya. Mengapa begitu? Karena musik dapat membawa pengaruh positif untuk dirimu.

Semua orang pasti suka musik. Tapi, bagaimana dengan memainkan alat musik? Belum tentu semua orang tertarik karena takut ini dan itu. Padahal, banyak sekali manfaat yang akan kalian dapat dari belajar musik. Simak kelanjutannya dibawah ini

Manfaat Belajar Musik

1. Melatih Konsentrasi

Bermain Musik Melatih Konsentrasi

Dengan kalian belajar musik kalian bisa sekaligus melatih kemampuan kalian dalam berkonsentrasi. Belajar gitar misalnya, jika tidak berkonsentrasi, bisa saja salah meletakkan jari kalian. Kalau salah, kunci gitar yang kalian mainkan menjadi salah dan tidak enak didengar. Selain itu, menguasai suatu alat musik membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, kalian memerlukan konsentrasi besar supaya bisa cepat menguasainya.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Bermain Musik Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Belajar Musik juga Tidak hanya meningkatkan konsentrasi, tetapi juga bisa meningkatkan daya ingat. Ketika belajar segala hal berbau musik, kalian pastinya perlu menghafal banyak not balok atau tangga nada. Pada September 2006, ScienceDaily mengadakan penelitian antara anak-anak yang belajar musik dan seni lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak anak yang belajar musik memiliki peningkatan daya ingat dibandingkan dengan anak anak yang mempelajari seni lain.

3. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Masuk Kedalam Band Merupakan Peningkatan Dalam Bersosialisasi

Dalam belajar musik selain dapat melatih konsentrasi dan meningkatkan daya ingat juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Ketika belajar musik, beberapa orang cenderung tertarik untuk bergabung pada suatu grup seperti grup band, drumband, atau orkestra. Nah, di dalam grup inilah kalian juga bisa sekaligus belajar bagaimana berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Dengan begitu, kalian bisa menghasilkan musik yang berkualitas baik.

4. Memperkenalkan kalian dengan berbagai Budaya

Bermain Musik Dapat Menimbulkan Rasa Ingin Tahu Ke Berbagai Budaya

Ketika kalian belajar musik, kalian pasti ingin mendalaminya dan menguasai berbagai macam lagu. Kalian juga pasti ingin mengetahui sejarahnya. Kalian bisa mempelajari berbagai macam alat musik bahkan yang berasal dari daerah. Indonesia mempunyai banyak sekali alat musik daerah. Setiap daerah alat musiknya berbeda-beda. Dengan mempelajarinya, kalian bisa mengenali berbagai macam budaya. Tidak hanya budaya Indonesia tapi juga mancanegara.

5. Mempunyai Rasa Tanggung Jawab

Tanggung Jawab Yang Dimaksud Bagaimana Cara Membawakan Lagu

Belajar musik akan membuat kalian semakin mengerti tentang kekuatannya. Bagaimana musik dapat menembus batasan batasan perasaan manusia dan mengubah mereka. Karena itu kalian seharusnya lebih bisa bertanggung jawab dengan musik yang kalian mainkan, atau bisa juga terhadap semua tindakan yang akan kalian lakukan. Belajar musik akan membuat kalian mengerti bahwa kekuatan yang besar juga akan dibebani dengan tanggung jawab yang besar.

6. Menjadi Pendengar yang Baik

Belajar Musik Dapat Melatih Pendengaran Kalian Lebih Baik

Musik adalah suatu hal yang dapat dinikmati melalui indra pendengaran. Mendengarkan adalah keterampilan yang harus kalian miliki saat kalian belajar musik. Hal ini bertujuan agar kalian dapat menghasilkan musik yang harmonis dan disukai oleh banyak orang. Maka dari itu, secara tidak langsung belajar musik dapat membuat kalian menjadi pendengar yang baik.

7. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Koordinasi Yang Dimaksud Bermain Dengan Lancar

Dengan bermain musik, koordinasi tubuh kalian akan meningkat. Misalnya saja ketika bermain piano, awalnya jari kalian masih belajar berpindah dari tuts satu ke yang lain. Lama kelamaan jari jari kalian akan semakin lancar berpindah pindah tuts ke tuts lainnya. Koordinasi antara tangan dengan mata kalian juga akan menjadi lebih baik. Ditambah lagi dengan kaki yang harus menginjak pedal di bawah piano.

Berikut merupakan manfaat jika kalian belajar musik. Jika memang kalian ingin belajar musik lebih lanjut kalian bisa langsung mengikuti kursus yang ada di Eny Kusrini. Kalian dapat mempleajari Teori Musik, teknik Musik dan hal lain lainnya. Jika memang tertarik kalian bisa langsung Klik disini ENROLL NOW!

Comment (1)

  1. […] Juga: 7 Advantage Belajar Musik Untuk Kehidupan […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping