Blog

7 Important Skills yang harus Dimiliki Content Writer, Beserta Toolsnya

content writer
Pengembangan diri

7 Important Skills yang harus Dimiliki Content Writer, Beserta Toolsnya

Di zaman digital seperti sekarang, Content Writer atau penulis konten menjadi salah satu profesi yang dicari banyak perusahaan untuk membesarkan platform mereka. Ini disebabkan bergesernya media pemberitaan dan pemasaran dari bentuk elektronik ke digital.

Menjadi Content Writer tidak semudah kelihatannya. Content Writer memerlukan skill yang mumpuni dan harus memahami betul tugas-tugas utamanya.

Skills yang harus dimiliki content writer cukup beragam. Bahkan, riset, keterampilan seorang peneliti, juga jadi salah satunya. Mungkin kalian semua bertanya tanya Memangnya, apa hubungan skill ini dan penulisan konten?

Dalam artikel ini Eny Kusrini akan menjelaskan sederet kemampuan yang harus dimiliki untuk menjalani profesi ini. Setelah itu, akan ada berbagai tips untuk mempelajari semuanya. Penasaran kan? Yuk, simak selengkapnya!

Skills Content Writer

content writer
Skill Membuat Sebuah Artikel

1. Menulis dan Ragam Gayanya

Pekerjaan utama seorang content writer adalah menulis Secara otomatis, inilah yang menjadi keterampilan utamanya. Tak sekadar merangkai kata, kalian juga wajib memahami ragam tekniknya. Sebab, penggunaannya berbeda-beda.

Contohnya adalah saat menulis di blog. Gaya bahasa yang dipakai di sini adalah friendly, namun kadang mengandung opini. Lain halnya dengan penulisan berita. Kalian harus mengemasnya secara informatif, namun tetap menarik.

Kalau kalian ingin menjadi penulis konten berkualitas, kalian tentu harus menguasai semuanya. Kalian juga harus bisa memilih penggunaan teknik yang tepat.

2. Riset

Sebelum menulis suatu tulisan, penulis harus punya kemauan buat menggali informasi dari berbagai tempat untuk mendapatkan data serta informasi yang bisa dipercaya. Beban moral bagi penulis jika informasi yang disajikannya ternyata tidak benar, apalagi mengandung hoaks. Melakukan Riset ini merupakan skill yang sangat wajib dimiliki content writer.

Kata siapa riset hanya harus dikuasai peneliti? Tulisan yang baik juga wajib didukung dengan hasil eksplorasi yang berkualitas agar tidak terjadinya hoaks. Contohnya sperti, kalian menulis tentang topik X. Kalian tahu informasi A, B, dan C tentangnya. Jadi, kalian tuliskan saja semuanya.

Namun, ternyata, ada informasi D yang tidak kalian masukkan. Padahal, D penting untuk diketahui oleh pembaca. Jadi, jangan lupakan kemampuan ini, berdasarkan riset  QuickSprout, konten yang lebih panjang (diasumsikan lebih lengkap), lebih banyak di-share oleh pembaca.

Riset sendiri bisa dilakukan lewat internet, wawancara, dan lain-lain.

3. Memilih Topik menulis

Kalian harus ingat, tulisan tidak dibuat untuk kalian sendiri. Rangkaian kata dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca. Dengan alasan ini, pemilihan topik jadi skill content writer selanjutnya. 

Ini bukan langkah yang bisa dianggap sepele. Agar tulisan menarik pembaca, kalian harus memahami mereka.  Apa informasi yang mereka butuhkan? Sampai sejauh mana mereka harus memahami informasi itu?

Dengan memahami semuanya, kalian bisa memilih topik yang tepat. Pembaca pun lebih tertarik pada apa yang kalian tulis.

4. Dasar SEO

Google sering kali jadi saluran distribusi utama kontenmu. Posisi nomor satu di hasil pencariannya selalu diidam idamkan para penulis konten. Nah, agar mesin pencari ini “menyukai” tulisanmu, kalian harus memahami dasar search engine optimization (SEO).

Setidaknya, ketahui bagaimana teknik menulis yang sesuai kaidahnya. Kalau kamu paham teknisnya lebih lanjut, tentu lebih baik.

5. Media Sosial

Selain lewat search engine, konten juga disebar lewat media sosial. Oleh karena itu, kalian juga harus memahami dunia tersebut. Kalian setidaknya perlu mengetahui siapa audiens media sosial kalian. Informasi seperti apa yang mereka sukai atau mereka cari?

Setelah itu, sebarkan saja konten terkait yang sudah kalian buat di sana. Audiensnya juga bisa menjadi inspirasi konten kalian selanjutnya.

6. Membaca Target Pembaca

Content writer juga harus memiliki kemampuan membaca target pembaca, skill ini sangat penting dalam penulisan. Cara dan gaya penulisan kita harus disesuaikan dengan target pembaca. Misalnya, tulisan untuk pembaca usia muda akan berbeda untuk target pembaca usia dewasa.

Maka dari itu skill satu ini sangat penting untuk kalian jika ingin menjadi content writer, dengan skill ini kalian dapat memahami lebih audiens kalian seperti, mayoritas pembaca kalian seperti apa? Memilih topik seperti apa? dll halnya seperti itu.

7. Memahami apa yang Dinginkan Pembaca

Nah, untuk yang satu, content writer memang harus update terus mengenai informasi yang sedang ramai di kalangan masyarakat, baik di dalam dan luar negri.

Kemampuan menemukan tema, judul dan keywords untuk penulisan yang disukai pembaca butuh proses pembelajaran dan kepekaan.

Jika kalian memiliki skill ini, kalian dapat memahami pembaca kalian lebih dalam lagi maka dari itu sangat dianjurkan bagi para content writer memiliki skill ini.

Tools Content Writer

content writer
Tools Writing Untuk Membuat Artikel

Jika kalian sudah memahami skill skill apa saja yang harus dimiliki untuk menjadi content writer, Nah, di luar skill skill di atas, content writer juga harus menguasai berbagai tools seperti, di bawah ini :

1. Tools Riset Keyword

Salah satu skill content writer adalah SEO. Nah, untuk menyokong kemampuan SEO ini, kalian juga harus memahami tool riset keyword. Karena sebagai content writer harus memiliki penguasaan dalam SEO maka dari itu sangat penting bagaimana menentukan Keyword untuk sebuah penulisan.

Pilihan pilihan yang ada adalah :

2. Tools untuk Analytics

Siapa saja yang membaca artikelmu? Dari mana mereka datang, dan berapa lama mereka membaca kontenmu? Lebih jauh lagi, artikel apakah yang mereka sukai? Di sisi lain, artikel apa yang ternyata kurang banyak dibaca?

Tolok ukur inilah yang bisa kalian dapatkan dari tool analytics. Dengan evaluasi semacam ini, kalian tentu bisa membuat konten yang lebih baik.

Nah, kira-kira, apa saja pilihan tool ini? Dirangkum dari Leadfeeder, ini dia daftarnya :

3. Tools Paraphrase

Parafrasa adalah pengungkapan kembali suatu konsep dengan cara lain tanpa mengubah maknanya. Parafrasa dipakai oleh penulis untuk memberi penekanan yang agak berlainan dari penulis asli.

Maka dari itu sangat penting bagi kalian para penulis untuk memahami tools ini, dengan memahami tools ini kalian dapat menghindarkan plagiarisme yang sangat dibenci oleh google.

Pilihan Pilihannya adalah :

4. Tools Plagiarism Checker

Dalam dunia SEO dan dunia google plagiarisme dilarang. Jika artikel kalian ingin muncul dalam top 3 di google maka kalian harus mengecheck kembali penulisan kalian dalam sebuah tools yang mendeteksi apakah penulisan kalian plagiat atau tidak.

Tools apa saja yang dapat check hal tersebut, Simak listnya dibawah ini :

5. Tools Image dan Compress Image

Sebuah artikel akan memenuhi SEOnya dengan sebuah gambar. Dengan adanya gambar artikel juga terlihat tidak boring oleh pembaca, maka dari itu sangat dibutuhkan gambar dalam sebuah artikel.

Banyak sekali website yang menawarkan kalian gambar gratis seperti contohnya :

Dalam sebuah artikel juga dibutuhkannya loading cepat tidak boleh sebuah artikel meloading dengan lama dikarenakan itu akan membuat pembaca jadi tidak tertarik dan google tidak suka yang lama lama. Bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya adalah dengan mengcompress gambar tersebut.

Alat untuk mengcompress gambar adalah :

Mau Belajar Dari mana?

content writer
Belajar Dalam Memahami Penulisan Content

Dengan banyaknya skill yang harus dikuasai dan dengan banyaknya tools yang harus dipahami harus belajar darimana?

1. Ikuti Kursus

Jalan pertama adalah kursus. Ada sederet kelebihan yang bisa kalian dapat dengan mengikutinya. Kalian akan diberi sederet teori agar memahami dasar-dasarnya dulu. Setelah itu, Kalian bisa melakukan praktik secara lebih terarah.

2. Terus Latihan

Nah, setelah memahami deretan teori, saatnya menulis. Terapkan berbagai ilmu yang sudah kalian dapatkan. Tulisan karya kalian juga bisa menjadi tambahan portofolio kalian. Nantinya, dokumen itu bisa kalian pakai untuk melamar kerja menjadi content writer.

Nah, Berikut merupakan skill skill yang harus kalian miliki jika kalian ingin menjadi penulis content, jika kalian memiliki kemauan serta ketekunan dalam mempelajari itu semua dijamin kalian akan menjadi content writer yang handal in no time. Pelajari juga tools tools apa saja yang kalian harus pahami dalam mebuat artikel karena dengan memahami itu semua akan membantu kalian juga. Tetap terus latihan dan mencoba.

Comment (1)

  1. […] Baca juga: 7 Important Skills yang harus Dimiliki Content Writer, Beserta Toolsnya […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping