Blog

7 Most Important Tips untuk Menjadi Instruktur Pelatihan yang Sukses

instruktur pelatihan
Video & Tips

7 Most Important Tips untuk Menjadi Instruktur Pelatihan yang Sukses

Dalam dunia sebuah pekerjaan, dibutuhkan seseorang yang bisa menjadi instruktur pelatihan yang dapat menyalurkan ilmu dan pengetahuan yang ia miliki ke orang lain. Banyaknya trainer yang ada di luar sana terkadang belum bisa memberikan hasil training secara maksimal apalagi untuk beberapa materi yang cukup sulit dan vital.

Jika kalian ingin menjadi seorang trainer maka tentu saja kalian harus belajar bagaimana caranya menjadi seorang pelatih yang kompeten tidak hanya pandai dalam teori tapi juga harus mampu menerapkannya dan juga membagi nya ke semua peserta training yang saat itu pasti menyimak dan membutuhkan ilmu yang kalian bagikan.

Mungkin dari kalian banyak yang bertanya, bagaimana sih cara menjadi trainer sukses dan kompeten? Karena menjadi trainer sukses tak semudah yang dibayangkan, kalian harus melewati banyak tahap untuk  menjadi seorang trainer professional.

Ingin tahu bagaimana caranya untuk menjadi Instruktur Pelatihan yang sukses? Simak 7 tips berikut ini.

Tips Menjadi Intstruktur Pelatihan Sukses

1. Interest

instruktur pelatihan
Tertarik dalam suatu topik

Tips pertama yang dibutuhkan agar menjadi trainer yang handal adalah memiliki ketertarikan yang kuat dalam dunia pelatihan dan materi khusus terkait apa yang dilatih. Pertanyaannya, sudahkah kalian memiliki interest atau ketertarikan yang tinggi terhadap dunia pelatihan dan juga materi yang ingin kalian ajarkan? Trainer handal selalu menekankan bahwa mereka bisa hebat seperti sekarang ini karena memang mereka tertarik, cinta dengan dunia pelatihan, yang kali ini dapat disingkat menjadi : passion.

2. Skill & Abilities

instruktur pelatihan
Mempunyai Hard Skill dan Soft Skill
Source : cedefop.europia.eu

Dengan interest saja itu belum cukup, tips selanjutnya agar menjadi trainer yang sukses adalah perlu melengkapi diri dengan keterampilan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang trainer yang handal. Keterampilan dan kemampuan yang paling umum dari para trainer terbaik adalah :

  • Keterampilan Public Speaking dan storytelling yang sangat memukau
  • Keterampilan membaca efektif dan cinta buku (pembelajar tangguh)
  • Kemampuan untuk mengonsep sebuah pelatihan efektif
  • Kemampuan menulis dan merancang slide yang efektif
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi
  • Berpikir kreatif dan solutif terhadap masalah yang ada
  • Training & Facilitator Skill yang baik

Tentu saja keterampilan-keterampilan ini tidak didapatkan dalam waktu yang singkat. Lebih dari 10% trainer hebat yang memiliki bakat keterampilan tersebut dari lahir. Sisanya kalian harus berlatih keras dan berusaha semaksimal mungkin.

3. Personality

instruktur pelatihan
Seorang Instruktur Pelatihan harus mempunyai kepribadian

Tips ketiga ini tidak kalah penting jika ingin menjadi seorang trainer profesional yang handal. personality merupakan identitas yang perlu melekat dalam diri seorang trainer secara kepribadian : integritas dan kejujuran. Integritas dalam arti seorang trainer memiliki beban untuk senantiasa bertindak sesuai dengan apa yang dikatakan dan dituliskan. Jujur dalam arti membawakan materi karena tulus untuk mengembangkan orang lain.

4. Courageous

instruktur pelatihan
Seorang trainer dibutuhkan sesuatu keberanian

Hal ini berkaitan dengan keberanian untuk mengambil risiko, terutama saat kalian menghadapi klien baru atau saat membuat program program baru yang memiliki risiko. Namun, risiko ini bukan berarti tidak diukur. Jika kita melihat bahwa peluangnya lebih baik, maka sebaiknya diambil walaupun ada risiko yang menyertainya. Learn to take Risks. Tapi ingat juga bahwa dipikirkan terlebih dahulu sebelum kalian bertindak.

5. Communicative

instruktur pelatihan
Seorang trainer harus memiliki komunikasi yang baik

Communicative maksudnya bukan hanya bisa berkomunikasi menarik di atas panggung saja, tetapi juga pada komunikasi satu lawan satu kepada klien atau peserta kita. Salah satu cara untuk mengukur apakah kita komunikatif adalah dengan melihat apakah orang nyaman berkomunikasi dengan kita atau tidak. Jika tidak maka kalian harus lebih tutur kata kalian terhadap klien agar dimengerti oleh klien dengan jelas.

6. Confident

instruktur pelatihan
Seorang trainer harus menjaga Kepercayaan dirinya, percaya bahwa mereka bisa
Source : thejakartapost.com

Confident yang dimaksud adalah menjaga kepercayaan diri saat diberikan tantangan yang lebih besar atau mendapatkan klien yang juga lebih besar. Cara menjaga kepercayaan diri adalah dengan terus-menerus belajar hingga menjadi seorang expert di bidangnya apapun itu bidang kalian yang kalian minati untuk menjadi Instruktur. Sebagai seorang trainer yang berkualitas kalian jangan pernah merasa bosan atau malas untuk belajar. Terus percaya diri kalian dengan ilmu ilmu karena yang nama nya belajar tidak pernah ada batasan dan masa akhir.

7. Creative

instruktur pelatihan
Seorang trainer harus creative dalam pembelajarannya
Source : codemi.co.id

Creative maksudnya adalah kemampuan menciptakan nilai tambah baru atau sesuatu yang unik dan berbeda dari sebelumnya. Tanpa kreativitas, maka pelatihan yang kita bawakan akan cenderung membosankan. Jadi coba kalian membawakan hal hal yang menarik sehingga peserta training kalian tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran kalian.

Itulah 7 Tips utama bagaimana cara menjadi Instruktur Pelatihan bagi kalian yang ingin menjadi trainer, silahkan ukur sendiri diri kalian untuk masing-masing tips tersebut. Mengukurlah sesuai karakter kalian sendiri.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping