Blog

New 2021 Upgrade Skill: Manajemen Waktu

jossuha-theophile-JHjKNOPC3lc-unsplash (1)
Uncategorized

New 2021 Upgrade Skill: Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan sebuah proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Manajemen waktu menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh individu karena akan menjadi salah satu aspek yang mampu menunjang keberhasilan individu dalam mencapai impiannya. Kemampuan manajemen waktu yang bagus mampu membantu seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugasnya secara sistematis.

Sebuah kegiatan atau pekerjaan sudah ditetapkan jangka waktu penyelesaian atau yang biasa disebut dengan deadline. Siswa dan siswi disekolah mendapat banyak tugas atau PR yang diberikan oleh gurunya. Tidak hanya itu, mereka juga mengikuti les tambahan dan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan di sekolah. Para pekerja juga memiliki banyak pekerjaan dan aktivitas, baik di kantor maupun di rumah. Hal-hal inilah yang membuat mereka merasakan memiliki waktu yang sedikit. Padahal setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama setiap harinya.

Ada yang membedakan orang yang mengatakan memiliki  waktu cukup dengan orang yang mengatakan memiliki waktu yang sedikit adalah Kemampuan manajemen waktu yang mereka miliki. Kemampuan manajemen waktu  bukan hanya mampu menyelesaikan tugas atau pekerjaan tetapi juga karena adanya motivasi yang tinggi, lingkungan yang mendukung, komitmen dan konsisten. 

Keterampilan manajemen waktu sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk pelajar, mahasiswa pegawai, karyawan, dan bahkan CEO. Yuk, intip apa aja faktor yang mempengaruhi keterampilan mengetur waktu

Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen waktu

1. Pengaturan Diri

     Semakin baik seseorang mengatur diri, maka akan semakin baik caranya untuk mengatur waktu.

2. Motivasi

      Motivasi yang tinggi dalam diri seseorang akan mempengaruhi kemampuan dalam mengatur waktu.

3. Pencapaian Tujuan

    Ketika seseorang memiliki tujuan, akan ada usaha yang harus dilakukan untuk mencapainya. Salah satu faktor yang menjadi penunjang adalah kemampuan manajemen waktu.

Dampak Buruk Akibat Tidak Mengatur Waktu Dengan Benar

Prokrastinasi atau Suka Menunda Menyelesaikan Tugas atau Pekerjaan

            Tidak menentukan prioritas yang jelas sangat berpeluang agar seseorang melakukan aktivitas secara acak tanpa melihat waktu, terutama aktifitas-aktifitas yang disukai. Pada akhirnya sering menunda tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan.

Pekerjaan Tidak Diselesaikan Sesuai Waktu (kelewat deadline)

            Masih banyak dijumpai orang-orang yang menyelesaikan tugas disaat mendekati deadline, tidak memanfaatkan waktu diawali. Hal tersebut mengakibatkan keterlambatan menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

Kualitas dan Hasil Pekerjaan Yang Buruk

            Tanpa disadari pekerjaan yang dikerjakan di akhir waktu dan secara terburu-buru yang jelas akan memiliki kualitas dan hasil yang diperoleh.

Nilai Profesionalisme Yang Negatif

            Ketidaktepatan menyelesaikan pekerjaan akan memunculkan perspektif negatif terhadap nilai profesionalitas yang dimiliki

Kesehatan Terganggu

            Tidak sedikit orang-orang yang menggunakan waktu istirahat mereka untuk menyelesaikan pekerjaan. Waktu istirahat yang terganggu salah satunya ditandai dengan kurang tidur, sehingga menimbulkan kesehatan terganggu gramedia.com.

Waktu Terbuang Sia-Sia

            Memiliki manajemen waktu yang buruk secara tidak langsung membuang waktu yang Anda miliki dengan sengaja untuk aktivitas yang tidak penting.

Manfaat Dari Kemampuan Manajemen Waktu Yang Baik

Mempunyai Prioritas yang jelas dalam melakukan pekerjaan,

Dapat mengurangi kesalahan dalam menyelesaikan pekerjaan

Produktivitas meningkat

Dapat melatih diri untuk meningkatkan kedisiplinan

Tips Managemen Waktu

Berikut adalah beberapa tips untuk kalian yang masih bingung gimana cara mengatur waktu agar tetap produktif

Menyiapkan Daftar

Biasakan untuk membuat dafatar kegiatan harian, baiak yang dilakukan di rumah, sekolah/kampus, dan kantor.

Menentukan Skala Prioritas

Banyaknya kegaitan yang dimiliki sebaiknya membedakan, kegiatan yang penting dan mendasak, penting tapi tidak mendasak, tidak penting tapi mendesa serta tidak penting dan tidak mendesak. Adanya skala prioritas dapat memudahkan untuk mencapai tujuan atau target yang telah ditetapkan

Menentukan Target yang Jelas

Memiliki target waktu yang jelas akan mengurangi untuk melakukan aktivitas yang dapat menunda menyelesaikan pekerjaan yang di prioritaskan

Jangan Takut Katakan Tidak

Kebiasaan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah tidak enakan, seperti dalam menolak ajakan teman padalahal tidak penting. Dalam meningkatkan kemampuan menagtur waktu kebiasan tersebut harus diubah. Bisa ditolak dengan halus, misalanya  “hari ini aku nggak bisa, bagaimana kita pergi besok saja”

Komitmen

Niat tanpa kesungguhan untuk menjalani aktivitas akan menjadi hal yang sia-sia dan tidak mendapat hasil yang maksimal. Pada setiap aktivitas terutama dalam merubah kebiasaan buruk dapat dibutuhkan komitmen yang tinggi agar dapat konsisten dalam malaksanakannya.

Waktu merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena waktu merupakan sebuah kesempatan yang tidak dapat kita ulang.Kehidupan manusia tidak terlepas dengan waktu. Dalam kehidupan sehari-hari manusia memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan yang harus diselesaikan. Untuk itu penting bagi pembaca mengatur waktu dengan baik serta meningkatkan kemampuan manajemen waktu.

Baca juga: Pentingnya Pengembangan Diri dalam meningkatkan Skill Public Speaking, ini 5 Cara Mudahnya!

Comment (1)

  1. […] Cek juga New 2021 Upgrade Skills: Manajemen Waktu […]

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping